Aplikasi Telegram: Pengertian, Manfaat dan Keunggulannya

Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi telegram messenger ? Jika belum sepertinya kamu wajib mencoba, karena saat ini telegram tidak kalah populer dari whatsapp.

Tahun 2019 pengguna telegram menyentuh angka 100 juta lebih instalasi. Memang masih cukup tertinggal dari whatsapp yang memiliki angka 1 milyar instalasi. Tapi dari segi rating, telegram lebih unggul dengan nilai 4.5 sedangakan whatsapp 4.3.

Telegram messenger adalah aplikasi chat paling aman dengan enkripsi jenis end-to-end. Telegram menggunakan teknologi berbasis Cloud Based Message. Melalui teknologi ini, kamu bisa menggunakan telegram secara bersamaan diberbagai perangkat dengan proses sinkronisasi super cepat.

Jika kamu sedang menggunakan telegram di komputer atau laptop, maka Telegram pada telepon tidak perlu aktif seperti aplikasi lain karena proses sinkronisasi dilakukan melalui teknologi cloud.

Manfaat dan Keunggulan Aplikasi Telegram

Telegram bermanfaat bagi kamu yang lebih mementingkan keamanan dalam berkomunikasi. Jika komunikasimu dirasa rahasia dan menyangkut data-data penting perusahaan, lembaga atau bisnis, maka gunakan telegram sebagai jalur komunikasi.

Keunggulan aplikasi telegram yang paling utama dibandingkan dengan aplikasi serupa adalah teknologi cloud yang digunakan. Semua file dan data-data chat tidak disimpan di perangkat ponselmu, tetapi tersimpan di cloud server telegram.

Jadi jangan khawatir jika ponselmu hilang, selama file dan chat sudah terkirim melalui telegram, otomatis semua data-data tersebut akan tersinkronisasi dengan server cloudnya telegram.

Ganti dengan ponsel yang baru, instal dan aktifkan telegram dengan nomor yang sama. Maka semua data-data kamu di ponsel yang lama akan kembali lagi di ponsel yang baru tanpa harus download backupan.

Perbedaan Whatsapp dan Telegram

Secara umum aplikasi whatsapp dan telegram memiliki banyak kesamaan. Hanya saja ada beberapa fitur yang memang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Berikut daftar perbedaannya:

Perbedaan
WhatsApp
Telegram
Tempat simpan data
Di HP (perangkat)
Di Cloud (online)
File upload
Maksimal 100 MB
Maksimal 1.5 GB
Anggota grup
256 orang
200.000 orang
Saat digunakan di laptop
Harus 1 jaringan
Bebas
Saat ganti hp
Perlu backup
Tidak perlu
Video call
Ya
Tidak
Channel
Tidak
Ya
Chat rahasia
Tidak
Ya
Hapus pesan otomatis
Tidak
Ya
Fitur Bot
Tidak
Ya
Edit pesan
Tidak (harus delet)
Ya (bisa edit)
Jenis aplikasi
Personal dan bisnis
Personal
Email
Perlu (untuk backup)
Tidak perlu

Mana yang lebih baik ? whatsapp atau telegram ?

Dari data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk masalah keamanan telegram lebih unggul dari pada whatsapp melalui fitur 3 fitur utamanya.

  1. Tempat penyimpanan data (cloud)
  2. Chat rahasia
  3. Hapus pesan otomatis

Kelebihan Whatsapp dari Telegram

Hampir semua kelebihan whatsapp ada di telegram kecuali fitur video call. Sepertinya telegram sengaja tidak menyediakan fitur ini karena alasan tertentu. Jadi untuk bagian ini, whatsapp lebih unggul dari telegram.

Dengan pengguna yang saat ini lebih dari 1 milyar menjadikan whatsapp aplikasi chat nomor 1 di dunia. Hal ini wajar karena WA merupakan aplikasi yang dirilis pada tahun 2009 sedangkan telegram rilis tahun 2013. Jadi, WA lebih duluan dikenal dari pada telegram.

Satu lagi fitur WA yang tidak dimiliki telegram yaitu aplikasi Whatsapp Bisnis. WA ada 2 jenis, Whatsapp personal dan Whatsapp bisnis. Sesuai dengan namanya, WA bisnis khusus untuk urusan usaha dan bisnis. Sedangan telegram hanya satu jenis aplikasi tapi untuk semua urusan.

Pilih mana ? Whatsapp atau Telegram ?

Saya pribadi menggunakan keduanya untuk urusan yang berbeda. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  • Whatsapp personal (WA biasa) cocok untuk chat dengan keluarga, teman dan komunitas yang sifatnya umum.
  • Whatsapp bisnis cocok untuk kamu yang sedang mengeluti dunia usaha apalagi bisnis online.
  • Telegram cocok untuk chat yang sifatnya rahasia. Contoh : urusan kantor, hasil rapat organisasi, kirim dokumen penting dst.

Baik whatsapp maupun telegram keduanya memiliki kesamaan fitur saat diakses melalui komputer desktop. https://web.whatsapp.com untuk terkoneksi dengan whatsapp web, dan https://web.telegram.org untuk bisa terkoneksi dengan telegram web.

Demikian informasi tentang pengertian, manfaat dan keunggulan aplikasi telegram. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment