Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil tapi Menguntungkan

Apakah kamu sedang mencari bisnis makanan kekinian yang dapat menghasilkan untung besar ? Banyak sekali peluang usaha makanan yang menguntungkan disekitar, yang dapat kamu jadikan ide untuk memulai bisnis.

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak pernah ada matinya, karena selalu dicari oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan konsumsi tubuh mereka.

Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif terhadap makanan dibandingkan negara-negara lain. Apalagi Indonesia memiliki beragam jenis makanan dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama/berat hingga yang ringan, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal.

Bisnis makanan kekinian yang patut untuk kamu coba

Nah.. bagi kamu yang ingin mencoba membuka usaha kuliner, berikut beberapa ide bisnis makanan kekinian yang dapat kamu coba :

1. Singkong Keju

Singkong adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi camilan apa saja yang mengenyangkan, salah satunya adalah singkong keju. Selain mengenyangkan, rasanya yang manis dengan taburan keju, membuat warna singkong fress dan cocok sebagai sajian ketika berkumpul bersama teman-teman ataupun keluarga.

2. Pisang Nugget

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan bahan makanan berbagai camilan yang enak dan menggoda selera.

Saat ini yang sedang kekinian adalah pisang nugget, makanan berbahan dasar pisang dengan aneka toping menarik diatasnya. Makanan kekinian ini dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Selain bahannya yang mudah didapat, proses membuatnya juga sangat mudah.

3. Rujak Cireng

Aci digoreng (cireng) adalah salah satu makanan khas dari Sunda yang terbuat dari tepung tapioka/kanji. Biasanya makanan kekinian yang satu ini dapat kamu temukan di depan-depan sekolah, atau dijajakan berkeliling dengan gerobak atau motor.

Bahkan saat ini cireng tak hanya dijajakan oleh pedagang gorengan saja, namun juga tersaji dalam bentuk frozen-food yang siap digoreng, dengan tambahan cocolan saos rujak.

4. Telur Gulung

Telur gulung adalah salah satu kuliner yang sedang hits saat ini tengah-tengah masyarakat. Jajanan jadul yang dulu sering ditemukan saat masih SD ini kembali booming di tahun 2019.

Kalau dulu makanan ini hanya di cocol dengan saos sambal, namun sekarang banyak ditemukan telur gulung dengan kreasi toping yang sangat menggoda. Bahkan dari mulai anak-anak hingga dewasa semua menyukai kelezatan kuliner yang satu ini.

5. Kerupuk Seblak

Makanan kekinian yang satu ini khas dari kota Bandung dan sangat digemari oleh para pemburu kuliner. Keanekaragaman rasa yang disajikan menjadi daya tarik tersendiri bagi kuliner yang satu ini, seperti rasa pedas, pedas manis, keju, balado, dan barbeque. Camilan ini juga terbilang murah, sehingga banyak konsumen yang antri ketika membeli kuliner ini.

6. Kreasi Oreo

Rasa aslinya memang sudah enak, sehingga oreo selalu nyummy ketika dikreasikan dengan kuliner kekinian yang lezat dan banyak disukai orang.

Biasanya menu kreasi oreo banyak di temukan di kafe-kafe, baik dicampur dengan makanan ataupun minuman. Bahkan saat ini, sudah banyak pedagang makanan atau minuman kreasi oreo di pinggir-pinggir jalan.

7. Kreasi Indomie

Siapa yang tak kenal mie instant lezat yang satu ini ? Rasanya yang enak, membuat banyak orang tertarik untuk mengkreasikannya menjadi makanan kekinian yang unik dan pastinya menggoda selera.

Salah satu makanan kreasi Indomie yang sedang booming adalah donat Indomie. Rasa khas Indomie berpadu dengan potongan daging dan lelehan keju mozarella yang yummy.

8. Bola-Bola Ubi

Selain singkong, ubi merupakan salah satu bahan makanan yang lezat untuk dikreasikan menjadi berbagai macam jenis camilan, salah satunya adalah bola-bola ubi.

Makanan kekinian ini berbentuk bulat namun tak berisi, memiliki tekstur lembut dibagian dalam, dan crunchy di bagian luar. Untuk menikmati bola-bola ubi, biasanya ditaburkan topping diatasnya seperti lelehan cokelat, keju, oreo, atau greentea.

9. Mie Lidi

Makanan jadul favorit anak SD yang satu ini dulu pernah populer di tahun 90an hingga awal tahun 2.000an. Makanan yang terbuat dari tepung terigu, bentuknya seperti sapu lidi dan memiliki rasa yang pedas ini, kini kembali booming.

Rasanya pun tidak hanya pedas saja, banyak aneka pilihan rasa yang disajikan seperti pedas manis, super pedas, original/asin, Bbq, jagung manis, jagung bakar, pizza, ayam panggang, ayam bawang, sapi panggang, keju, balado, cokelat, rumput laut, green tea, sambal ijo, dan lain-lain.

10. Batagor

Makanan khas kota Bandung yang crispy dan gurih ini selalu nikmat disantap dengan sambal kacang ataupun dengan kuah. Makanan yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia ini tergolong sehat, karena terbuat dari bahan-bahan makanan bergizi seperti telur, tahu, dan ikan tenggiri.

11. Ramen Burger

Kuliner kekinian yang unik dan menarik kini banyak bermunculan, salah satunya adalah ramen burger. Mie ramen yang memang dasarnya disukai banyak orang, dikreasikan menjadi roti burger. Kebayangkan gimana rasanya ramen burger ini, pastinya nikmat dan lezat banget.

Apakah makanan kekinian ini ada di kotamu ? Kalau belum, ini bisa menjadi ide untuk membuka bisnis makanan kekinian.

12. Makanan Kekinian Berbahan Dasar Ayam

Dari zaman dulu, makanan kreasi ayam memang selalu menggoda lidah. Banyak sekali camilan berbahan dasar ayam yang disukai oleh para pemburu kuliner, seperti ayam bakar, ayam penyet, ayam geprek, ayam goreng crispy, hingga pentol ayam yang dijajakan keliling.

13. Aneka Kue Kekinian

Kue adalah makanan yang tak pernah lekang oleh waktu. Dari sejak zaman dulu hingga sekarang kue selalu menjadi camilan favorit semua usia. Ada banyak jenis kue yang sedang hits baru-baru ini, mulai dari kue basah hingga kue kering yang dapat bertahan lama.

Bahkan banyak para artis yang membuka usaha cake yang laris manis diburu konsumen. Seperti Hengki kurniawan yang membuka usaha cake Banana Foster, Laudya Cintya Bella dengan Bandung Makuta cakenya, strudel oleh-oleh khas Malang milik Tengku Wisnu, kia cake milik Zaskia Sungkar, dan masih banyak lagi.

14. Aneka Jenis Keripik

Makanan yang satu ini selain rasanya yang gurih dan enak, kini hadir dengan berbagai macam varian jenis dan rasa yang menggoda lidah. Ada banyak jenis keripik yang diburu oleh para pecinta kuliner dipasaran, seperti :

  • Keripik pisang
  • Keripik singkong
  • Keripik kentang
  • Keripik buah
  • Keripik sayur
  • Keripik tempe
  • Keripik tahu
  • Keripik talas
  • Keripik ub
  • Keripik sukun
  • Keripik usus
  • Keripik jamur tiram
  • Keripik cireng

15. Aneka Olahan Tahu

Tahu adalah makanan sehat yang dapat dikreasikan menjadi makanan apa saja yang lezat dan bergizi. Banyak makanan kekinian yang terbuat dari tahu seperti :

  • Tahu kribo
  • Tahu ati
  • Tahu bakso
  • Nugget tahu
  • Rolade tahu
  • Steak tahu
  • Martabak tahu
  • Tahu bulat
  • Tahu fantasi
  • Tahu jeletot
  • Tahu rambutan
  • Tahu petis

Itulah beberapa jenis camilan yang dapat kamu pilih untuk membuka bisnis makanan kekinian saat ini. Selain modal yang tak terlalu besar, cara pembuatannya pun tak terlalu sulit.

Begitu juga dengan cara mempromosikan makanan ini, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran online agar bisnismu dikenal luas masyarakat.

Banyak pebisnis sukses berawal dari mempromosikan produknya secara online. Salah satu contohnya bisnis reseller, hampir 90% cara promosinya menggunakan media online.

Demikian informasi tentang bisnis makanan kekinian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment