Bisnis Rumahan: Contoh Usaha dengan Modal Kecil

Hampir setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan berkeinginan mempunyai usaha sampingan. Namun belum menemukan ide yang cocok dan tepat untuk dijadikan bisnis rumahan. Tidak semua bisnis harus diawali dengan modal besar agar dapat berjalan.

Ketika bisnis dikelola dengan baik, maka peluang usaha yang awalnya hanya mungkin coba-coba dapat menjadi pekerjaan yang utama serta memiliki penghasilan yang luar biasa.

Ada banyak sekali ide peluang usaha yang dapat kamu pilih, hal ini dipermudah dengan kemajuan teknologi internet dengan sistem pemasaran online.

Nah, buat kamu yang akan membuka usaha rumahan, kamu dapat menyimak peluang-peluang usaha rumahan dengan keuntungan yang menjanjikan di bawah ini.

Usaha Rumahan yang lagi Trend

Jasa Laundry Kiloan

usaha rumahan yang lagi trend

Mencuci pakaian bukanlah pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang, karena selain memakan waktu juga memerlukan tenaga untuk mengerjakannya. Tentu saja ini peluang bagi kamu yang ingin memulai bisnis rumahan.

Kamu dapat memberikan solusi bagi mereka yang tidak sempat atau malas mencuci, dengan membuka layanan jasa laundry kiloan. Apalagi bila lokasi rumah kamu berada dekat perumahan karyawan, apartemen, atau kampus yang banyak kos-kosan, maka peluang usaha laundry kiloan ini sangat menjanjikan, apalagi di musim penghujan. Untuk menarik minat konsumen, kamu juga dapat memberikan pelayanan antar jemput pakaian yang dilaundry.

Modal usaha laundry kiloan

Nah, berapakah kira-kira modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha ini ? berikut rinciannya:

  • 1 unit mesin cuci + pengering sekitar Rp. 2.500.000
  • Timbangan sekitar Rp. 150.000
  • 2 unit setrika pakaian sekitar Rp. 550.000
  • Bahan-bahan untuk mencuci sekitar Rp. 450.000
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar Rp. 400.000
  • Total modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 4.050.000

Biaya yang cukup terjangkau bukan, Lalu berapakah estimasi pendapatan yang akan kamu dapatkan selama sebulan ?

Berapa omset usaha laundry kiloan?

Biaya jasa laundry biasanya adalah sekitar Rp 4.500 hingga Rp. 6.000 per kg,  besar kecilnya harga tergantung di daerah mana kamu tinggal, karena setiap daerah pasti berbeda-beda kisaran harganya.

Apabila 1 hari kamu bisa menerima orderan sebesar 25 kg saja, maka dalam waktu 1 bulan omset yang akan kamu dapatkan adalah 4.500 x 30 hari x 25 kg = 3.375.000, hingga 4.500.000 per bulannya.

Tips agar usaha laundry kiloan kamu berjalan sukses

  • Memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan
  • Memberikan diskon untuk para pelanggan setia
  • Memberikan pelayanan terbaik agar tidak ada komplain dari pelanggan, misalnya hasil cucian yang bersih, wangi, cepat dan siap antar
  • Promosikan laundry kamu dengan media online

Bisnis Online Terbaru

1. Menjadi Seorang Youtuber

bisnis online terbaru

Nah, bisnis yang satu ini sudah banyak dilakoni oleh masyarakat umum, bahkan artis-artis ibukota, karena penghasilannya yang menggiurkan. Apabila kamu memiliki kreativitas dan ketertarikan dalam membuat video yang sifatnya menghibur, informatif, dan mengedukasi, maka tidak ada salahnya kamu mencoba usaha yang satu ini.

Namun untuk menjadi seorang youtuber dibutuhkan kesabaran, karena channel youtube yang sukses tidak dapat dicapai hanya dalam waktu semalam. Kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menciptakan konten yang menarik dan original, serta konsisten, dengan begitu kamu memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan yang luar biasa.

Jadi, bila kamu memiliki hobi membuat video-video yang menarik, maka salurkanlah hobimu dengan menjadi youtuber, dan kamu dapat menikmati keuntungan dari hobi yang dibayar.

2. Usaha Jasa Penulis Online

Usaha rumahan selanjutnya yang tidak membutuhkan modal besar adalah menjual jasa sebagai penulis artikel online. Modal utama yang kamu butuhkan adalah keterampilan dalam menulis artikel yang mampu menarik minat pembaca, atau pemilik website yang akan menggunakan jasa artikel kamu.

Bagi kamu yang memang hobi menulis, peluang usaha yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dikerjakan. Apabila kualitas tulisan kamu bagus, bayaran yang akan kamu dapatkan pun akan semakin mahal.

Seiring perkembangan internet sebagai media informasi, tak hanya pihak perorangan, saat ini juga banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa penulis artikel.

Nah, sebagai langkah awal, kamu dapat mempromosikan jasa artikelmu melalui media sosial terlebih dahulu. Setelah kamu memiliki pengalaman dan mahir, kamu dapat membuka jasa konten artikelmu secara besar-besaran dan dengan pengelolaan yang tepat.

3. Usaha Jasa Pembuatan Website

Bagi kamu yang ingin memulai usaha, namun terbatas pada modal yang kecil, selain menjadi penulis online kamu bisa membuka jasa pembuatan website. Namun, bila kamu ingin menekuni bisnis ini, maka kamu harus menguasai bidang pemrograman.

Saat ini trend dunia internet terus tumbuh, sehingga jasa pembuatan website akan terus dibutuhkan. Banyak web developer yang sudah ahli dibidangnya memiliki pendapatan yang cukup fantastis.

Bagi web developer yang sudah memiliki jam terbang tinggi, bisa mendapatkan hingga ratusan juta rupiah untuk jasa membuat website besar lengkap dengan database.

4. Konsultan SEO

Perkembangan dunia internet yang pesat memunculkan berbagai peluang usaha rumahan online, salah satunya adalah jasa SEO. Bagi pemilik e-commerce, website perusahaan, website pemerintah, hingga blog pribadi yang mengharapkan trafik dari mesin pencari, keberadaan jasa SEO sangat dibutuhkan.

Bagi kamu yang sudah paham dunia blogging, ini merupakan kesempatan emas untuk mejadi konsultan SEO. Karena usaha rumahan yang satu ini, juga menjanjikan penghasilan yang cukup menggiurkan.

5. Membuat Toko Online

Di era digital ini, trend belanja masyarakat sudah berubah dari offline ke  online. Itulah mengapa membuat toko online, adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan berpotensi untuk sukses besar.

Berjualan online dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial pribadi, ataupun blog. Namun, jika kamu ingin lebih serius dan profesional, kamu dapat membuka toko online yang dapat dikerjakan dirumah tanpa harus punya kntor yang besar.

Nanti ketika e-commerse kamu sudah bertumbuh besar, barulah kamu membutuhkan kantor untuk para karyawan.

6. Memulai bisnis rumahan dengan menjadi reseller

Apabila kamu memiliki hobi berdagang, mungkin kamu bisa melirik bisnis rumahan yang satu ini. Bisnis dibidang jual beli dengan menjadi seorang reseller, baik dengan sistem offline maupun online.

Bisnis reseller mengharuskan kamu memiliki stok barang terlebih dahulu, kemudian menjual barang tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Yang mudah dari bisnis ini adalah kamu dapat menjalankannya dari rumah atau dari mana saja serta kapanpun waktunya.

7. Les Privat

Salah satu bisnis rumahan lain yang cukup menjanjikan adalah les privat mata pelajaran atau bahasa asing. Dari sisi operasional usaha rumahan ini sangat menguntungkan, karena kamu tidak perlu mendatangi rumah murid-murid, kamu hanya perlu menetapkan tarif yang bersaing dengan lembaga-lembaga kursus bimbingan belajar diluar sana.

Modal usaha les privat

  • Papan tulis sekitar Rp. 200,000
  • Kursi lipat yang biasa untuk kuliah sekitar Rp. 200,000,00 x 10 buah = Rp. 2.000.000
  • Spidol serta penghapus sekitar Rp. 50.000
  • Modul belajar sekitar Rp. 250.000
  • Total modal yang dibutuhkan Rp. 2.500.000

Peluang Usaha di Desa

1. Penjahit Pakaian

peluang usaha di desa

Karena perkembangan fashion yang selalu mengalami perubahan, maka tingkat kebutuhan akan pakaian di masyarakatpun semakin tinggi. Sehingga penjahit adalah salah satu bisnis rumahan yang tidak pernah mengalami pasang surut di dalam dunia bisnis, meskipun pakaian jadi banyak dijual di pasaran.

Hanya dengan bermodalkan keahlian dan keterampilan dalam mendesain dan menjahit pakaian, usaha ini memiliki prospek yang cerah di masa depan.

Banyak orang yang telah membeli pakaian jadi pun akan tetap membutuhkan jasa penjahit, karena bajunya tidak cocok, mungkin kebesaran atau kekecilan.

Modal usaha penjahit pakaian

Berapakah kira-kira modal yang dibutuhkan ? berikut rinciannya:

  • Mesin jahit butterfly Rp. 1.350.000
  • Mesin obras typikal Rp. 950.000
  • Benang jahit Rp. 55.000
  • Jarum, meteran dan peralatan lainnya Rp. 60.000
  • Penggaris Rp. 25.000
  • Total kira-kira modal yang dibutuhkan Rp. 2.440.000

Berapa omset usaha penjahit pakaian?

Misalnya kamu mendapatkan order jahit pakaian 15 potong selama sebulan dengan biaya jahit per stel nya Rp. 100.000,00. Maka omset yang akan kamu dapatkan adalah 15 x 100.000 = Rp 1.500.000,00 per bulan.

Itu mungkin penghasilan kamu di awal, semakin lama usahamu maka semakin banyak pelanggan yang akan kamu miliki. Otomatis omset kamu akan berambah juga kan..

2. Usaha Jasa Pangkas Rambut

Selama manusia masih memiliki rambut yang tumbuh dikepala, maka jasa pangkas atau potong rambut tidak akan pernah sepi pelanggan. Usaha yang hanya membutuhkan modal kecil ini ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Modal yang kamu butuhkan hanya niat dan kemauan untuk belajar. Bagi kamu yang memang memiliki keahlian menata rambut, akan menjadi nilai tambah untuk mengembangkan prospek bisnis rumahan ini.

Modal Usaha Jasa Pangkas Rambut

Alat-alat yang dibutuhkan untuk usaha cukur rambut adalah :

  • Gunting biasa 2 buah Rp. 100.000
  • Gunting sasak 2 buah Rp. 40.000
  • Alat cukur listrik Rp. 800.000
  • Sisir besar dan kecil Rp. 60.000
  • Pisau cukur Rp. 40.000
  • Kursi pangkas rambut Rp. 2.000.000
  • Cermin besar Rp. 700.000
  • Cermin kecil Rp. 350.000
  • Kain penutup badan Rp. 100.000
  • Handuk kecil 1 set Rp. 190.000
  • Silet isi ulang 20 kotak Rp. 50.000
  • Botol spray air Rp. 40.000
  • Penjepit besar dan kecil Rp. 30.000
  • Minyak pelumas gunting Rp. 30.000
  • 1 set tempat bedak, spons, kuas pembersih, dll Rp. 120.000
  • Sikat bulu Rp. 30.000
  • Poster model rambut Rp. 30.000
  • Kursi biasa untuk pelanggan menunggu antrian Rp. 80.000

Total modal awal yang dibutuhkan adalah Rp. 4.790.000. Seiring berjalannya waktu, apabila usaha pangkas rambut kamu berjalan lancar dan ramai, carilah karyawan atau teman kerja karena kebanyakan pelanggan tidak suka terlalu lama menunggu.

Omset pendapatan usaha jasa pengkas rambut

Jasa pangkas rambut berbeda-beda disetiap daerah, rata-rata antara 10.000 hingga 15.000. Apabila dalam 1 hari kamu bisa mendapatkan pelanggan sebanyak 10 orang, maka dalam waktu 1 bulan kamu bisa mendapatkan omset sebesar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.500.000.

3. Konter Pulsa dan Paket Internet

Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan smartphone menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat umum. Hampir semua kalangan masyarakat memiliki ponsel pintar untuk kegiatan sehari-harinya.

Dari sinilah peluang usaha baru yang dapat kamu pertimbangkan yaitu usaha konter pulsa.

Modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha inipun terbilang kecil dan bukan hanya pulsa saja yang dapat kamu jual. Kamu dapat menjual paket internet, aksesoris hp, kartu perdana, atau bahkan service hp ringan.

Modal usaha konter pulsa dan paket internet

  • Rak etalase sekitar Rp. 1.000.000 (atau untuk meminimalisir modal awal, kamu dapat membeli etalase bekas yang masih bagus kondisinya)
  • Kursi plastik 4 buah sekitar Rp. 200.000
  • Rak untuk aksesoris hp sekitar Rp. 500.000
  • Papan nama/banner dan alat tulis sekitar Rp. 80.000
  • Deposit pulsa Rp. 600.000
  • Kartu pedana yang banyak dicari pelanggan sekitar Rp. 400.000
  • Berbagai jenis voucher pulsa sekitar Rp. 300.000
  • Berbagai jenis kartu kuota sekitar Rp. 300.000
  • Telpon selluler biasa untuk top up pulsa. Sekitar Rp. 300.000

Total modal awal yang kamu butuhkan adalah Rp. 3.680.000.

4. Jasa Service Elektronik

Banyaknya masyarakat yang memiliki barang-barang elektronik seperti tv, kulkas, mesin cuci, AC, dan laptop, menjadi peluang usaha bagi kamu yang mengerti dan suka dengan elektro.

Apalagi bagi kamu yang lulusan sarjana elektro, pekerjaan memperbaiki perangkat elektronik merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.

Nah, kemampuan yang kamu miliki itu merupakan modal untuk membuka jasa service elektronik rumahan. Modal yang dibutuhkan pun tidaklah banyak, hanya skill yang kamu miliki dan alat-alat untuk memperbaiki perangkat elektronik.

Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Produksi Makanan Ringan (Snack)

usaha modal kecil untung besar

Usaha memproduksi makanan ringan juga merupakan salah satu usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Sudah dibuktikan oleh para pengusaha-pengusaha makanan ringan yang mampu menghasilkan omset besar setiap bulannya.

Tua, muda, anak-anak, remaja, maupun orang tua, semua kalangan sangat menyukai cemilan yang satu ini. Saat momen berkumpul bersama keluarga, tamasya, atau menonton televisi makanan yang satu ini menjadi teman yang pas disajikan bersama teh atau kopi.

Jangan ragu dan takut tidak laku karena banyak produk serupa yang telah dipasarkan terlebih dahulu. Belajarlah menggali kreativitas dalam berbisnis, buatlah makanan ringanmu berpenampilan cantik, agar menjadi buah tangan atau makanan yang menjadi ciri khas di daerahmu.

Kamu juga dapat menetapkan strategi marketing, agar produk makanan ringan yang kamu produksi dapat tersebar kemana-mana.

Modal usaha makanan ringan

Modal yang dibutuhkan relatif kecil, tergantung snack apa yang kamu produksi. Ada berbagai macam usaha makanan ringan yang bisa kamu coba jalankan, seperti usaha keripik, kerupuk, hingga kue kering.

Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan resep-resep membuat snack ? Mudah sekali, kamu dapat mencarinya di internet, dan mulai mengeksplore kemampuan memasak kamu.

Kemudian kamu dapat menguji coba, hasil dari snack yang kamu buat, dan jika sudah pas, kamu dapat memulai memasarkannya di warung-warung terdekat rumahmu.

Kunci agar usaha makanan ringan kamu sukses

Cita rasa snack yang enak dan disukai masyarakat akan menjadi modal kesuksesan usaha makanan ringan kamu. Jadi, belajarlah membuat snack yang enak dan disukai oleh semua orang.

2. Usaha Cucian Motor

Bisnis rumahan ini juga merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh. Melihat banyaknya masyarakat yang hampir setiap rumah memiliki lebih dari 1 motor, maka ini menjadi peluang usaha bagi kamu yang sedang berfikir untuk memulai usaha rumahan.

Modal usaha cucian motor

Modal usaha cucian motor yang kamu butuhkan tidak terlalu besar, dengan kisaran dana 5 hingga 6 juta kamu sudah dapat memulainya.

Alat-alat yang kamu butuhkan adalah :

  • 1 unit mesin cuci steam lengkap (Engine Bravo + Matrix Water Sprayer)
  • 1 unit kompressor 1 HP Lakoni Imola 125
  • 1 unit tabung salju steam 20 L
  • 2 pcs kanebo
  • 2 pcs spons
  • 2 pcs lap mikrofiber
  • 1 pcs sabun 5L
  • 1 semir ban 1L

Berapa omset usaha cucian motor?

Jasa cucian motor disetiap daerah pasti berbeda-beda, biasanya berkisar antara Rp. 8.000 hingga Rp. 10.000 per satu unit motor.

Apabila dalam 1 hari kamu bisa mendapatkan 10 pelanggan saja, maka omset yang akan kamu dapatkan dalam 1 bulan adalah Rp. 2.400.000 hingga Rp. 3.000.000.

3. Usaha Warung Makan

Warung makan adalah salah satu usaha rumahan yang tak pernah ada matinya. Meskipun sudah banyak warung makan dimana-mana, namun usaha ini tetap memberikan prospek yang cerah kedepannya.

Membuka usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlampau besar, apalagi bila rumahmu berada ditempat yang strategis, seperti dekat dengan kampus, kos-kosan, perumahan padat penduduk, atau dekat dengan pabrik yang memiliki banyak karyawan.

Dengan daya tarik masakan yang enak dan murah, maka akan sangat mudah menarik pelanggan ke warung makanmu.

Apalagi jika kamu membuka jasa katering harian, karena biasanya para mahasiswa, pelajar, dan karyawan sangat sibuk, sehingga tidak sempat memasak.

Nah, kamu bisa mempromosikan jasa kateringmu kepada mereka, sehingga cara ini dapat mendongkrak pendapatanmu lebih besar.

Modal usaha warung makan

Lalu berapa modal awal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha ini ? Berikut rinciannya :

  • Peralatan memasak Rp. 1.700.000
  • Peralatan makan Rp. 1.200.000
  • Meja dan kursi Rp. 2.000.000
  • Bahan baku makanan Rp. 500.000
  • Biaya lain-lain Rp. 400.000

Untuk menekan biaya diawal karena baru memulai usaha, kamu dapat menggunakan salah satu ruangan di rumah untuk disulap menjadi warung makan, dengan biaya renovasi sekitar Rp. 2.000.000.

Jadi total modal diawal yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp. 7.900.000. Masih sangat terjangkau bukan, omset yang akan kamu dapatkan pun pastinya sangat menjanjikan, asalkan kamu menjalankan usaha ini dengan penuh keuletan dan kesabaran.

Estimasi pendapatan perbulan

Apabila dalam waktu 1 hari kamu bisa mendapatkan 25 orderan/pelanggan, dengan harga per porsi Rp. 15.000 maka dalam waktu 1 bulan omset kamu sekitar Rp. 11.250.000. Jumlah awal yang sangat lumayan bukan ?

Berikut tips sukses dalam membuka warung makan

  • Menjaga kualitas rasa makanan selalu enak
  • Menjaga kerapihan dan kebersihan warung makanan
  • Selalu ramah dan murah senyum kepada setiap pelanggan
  • Memberikan diskon khusus kepada pelanggan setia

4. Usaha Isi Ulang Air Minum

Di zaman yang serba instant ini, usaha air minum isi ulang menjadi salah satu bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang sibuk walaupun hanya sekedar memasak air minum, lebih memilih membeli air minum isi ulang yang praktis dan ekonomis.

Banyak orang yang lebih berminat dengan air minum isi ulang, karena kebutuhan air bersih di beberapa daerah mengalami penurunan.

Untuk menghemat modal, kamu bisa memanfaatkan satu ruangan di area rumah sebagai tempat usaha air minum isi ulang. Memang untuk modal awalnya cukup besar, karena untuk pembelian peralatan.

Namun alat ini dapat kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga modal bulanan yang kamu butuhkan tidak terlalu besar.

Modal usaha isi ulang air minum (galon)

  • Belanja peralatan depot air minum lengkap Rp. 19.000.000
  • Biaya listrik Rp. 200.000 per bulan
  • Beli tutup galon dan tisue galon Rp 2.000.000
  • Biaya lain-lain Rp. 500.000

Total modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 21.700.000.

Omset usaha isi ulang air minum (galon)

Jasa isi ulang air minum disetiap daerah pastilah berbeda-beda, berkisar antara Rp. 4.000 hingga Rp. 5.000.

Apabila dalam 1 hari, depot isi ulang air minum kamu dapat menjual sebanyak 50 buah galon, maka perkiraan omset yang akan kamu dapatkan dalam waktu 1 bulan adalah sekitar Rp. 6.000.000 hingga Rp. 7.500.000.

5. Jualan Es Krim Rumahan

Peluang usaha rumahan yang selanjutnya adalah jualan es krim rumahan. Meskipun terlihat sederhana, namun banyak kisah orang sukses yang dimulai dari berdagang es krim rumahan.

Apabila kamu ingin menjadi pedangang es krim yang sukses, maka kamu harus berinovasi baik dari variasi produk, pemasaran, hingga model penjualan.

Jika es krim yang kamu produksi adalah model baru, dan belum ada dipasaran, maka itu adalah peluang bagi kamu untuk membuka bisnis model franchise.

6. Usaha Bubur Ayam dan Kacang Hijau

Bagi kamu yang tinggal di daerah padat penduduk dan masih jarang dijumpai pedagang bubur, maka ini adalah peluang bagi kamu untuk membuka bisnis rumahan ini.

Bubur biasanya dijadikan santapan di pagi hari sebagai menu sarapan yang praktis bagi sebagian orang.

Nah, buat kamu yang memang hobi memasak, bisnis jualan bubur ini dapat menjadi salah satu bisnis yang patut untuk kamu coba.

Tips sukses bisnis jualan bubur adalah dari segi rasa dan pelayanan. Apabila rasa bubur yang kamu jual enak dan disukai oleh lidah masyarakat serta pelayanan terhadap para pelanggan ramah, maka dapat dipastikan jualanmu akan laris manis.

7. Usaha Nasi Uduk Rumahan

Di kota-kota besar para pedagang nasi uduk biasanya buka pada malam hari. Dan tidak ada salahnya kamu membuka warung nasi uduk di depan rumah.

Kamu bisa menyajikan nasi udukmu dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan nila goreng, ikan lele goreng, telur goreng, dan lain sebagainya.

Kunci dari nasi uduk yang enak adalah terletak pada sambalnya, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk membuat sambal yang spesial agar menarik banyak pelanggan.

8. Usaha Jualan Bakso

Usaha rumahan selanjutnya yang patut kamu coba adalah jualan bakso. Usaha ini sangat cocok untuk kamu jalankan apabila rumahmu berada di tempat yang strategis. Seperti misalnya berada di tengah-tengah keramaian atau berada di daerah padat penduduk.

Usaha makanan banyak diminati oleh banyak orang karena dengan modal yang sedikit bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Bahkan banyak kisah sukses pedagang bakso, berasal dari usaha yang terlihat sederhana ini.

9. Usaha Rumahan dari Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang ulet, tekun, dan hobi dibidang kerajinan tangan, usaha ini sangat cocok untuk kamu tekuni. Namun untuk mencapai kesuksesan kamu harus menguasai teknik marketing baik secara online maupun offline.

Kerajinan tangan menjadi oleh-oleh yang selalu diburu oleh turis mancanegara maupun lokal. Banyak sekali jenis-jenis kerajinan tangan yang dapat kamu pasarkan. Kamu bisa mencari ide-ide kerajinan tanganmu dengan searching di internet.

10. Usaha Warung Angkringan

Warung angkringan adalah salah satu bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal besar, dan dapat kamu buka di depan rumah apalagi jika rumah kamu ada dipinggir jalan.

Bukan hanya mahasiswa dan bujangan bahkan orang yang sudah berkeluarga pun masih suka makan dan nongkrong di warung angkringan.

Harga menu makanan yang bersahabat dan rasa yang enak serta suasana yang santai membuat warung angkringan ini banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga pendapatan dari usaha ini cukup menjanjikan.

Bisnis Rumahan Modal Kecil dibawah 1 Jt

Berikut daftar usaha dengan modal dibawah 1 juta yang cocok untuk ibu rumah tangga.

  • Jualan pulsa
  • Jualan makanan bubur kacang hijau
  • Jualan nasi uduk
  • Jualan telur gulung

Itulah beberapa ide bisnis rumahan yang dapat kamu coba, silahkan kamu eksplor ide-idemu, dan dapatkan peluang usaha mulai dari sekarang. Sukses memang tidak dapat diperoleh dengan jalan instant namun jika kamu segera praktek maka jalan kesuksesan akan semakIn dekat.

Leave a Comment