Cara Daftar Gojek, GoCar dan GoFood (Lengkap)

Kemacetan di berbagai kota dan banyaknya keluhan transportasi umum konvensional menjadi alasan adanya gebrakan baru yang fenomenal di dunia transportasi. Yaitu dengan adanya Gojek. Ya, memang jelas fenomenal ya sob dimana kemunculannya begitu cepat difavoritkan banyak kalangan karena cara daftar gojek yang mudah dan fleksibel sehingga menjadi pilihan pekerjaan dan transportasi terbaru di Indonesia.

Dulu kamu mungkin pernah merasakan biaya transportasi umum konvensional yang kadang tak jelas berapa tarifnya, juga sulit untuk mengantar jemput sampai lokasi tujuan alias pas di titik.

Tapi dengan adanya Gojek memang memberikan angin segar. Kamu bisa pergi dan diantar kemanapun dengan dijemput driver di titik manapun yang kamu mau. Tarifnya juga terbilang terjangkau dan aman ya sob. Jadi ga heran kalau Gojek jauh lebih diidamkan.

Adanya Gojek ini tidak hanya memberi kebahagiaan bagi penumpang atau penggunanya saja, tapi juga turut berperan menaikkan ekonomi. Banyaknya permintaan berbanding lurus dengan banyaknya lowongan kerja jadi driver.

Terbukti begitu banyak yang mencari informasi bagaimana cara daftar Gojek. Termasuk kamu kan ya kan?

Kalau kamu lagi serius pengen tahu cara daftar Gojek, tepat sekali kamu buka artikel ini. Karena kali ini saya beri ulasan lengkap tentang cara daftar Gojek mulai dari syaratnya hingga tentang semua layanannya. Yuk yuk baca sampai akhir.

Syarat Daftar Gojek

Tiap lamaran pasti ada syaratnya ya sob, baik lamaran pekerjaan ataupun melamar calon kamu, hehe. Melamar pekerjaan harus memenuhi syarat yang ditetapkan begitu pula dengan melamar menjadi driver Gojek. Gojek sudah punya syarat khusus bagi para calon drivernya.

Berikut syarat daftar Gojek secara dasar atau yang harus dimiliki di semua layanannya.

  1. WNI atau warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP. KTP harus masih dalam masa berlaku atau berlaku seumur hidup.
  2. Memiliki SIM sesuai jenis layanan yaitu SIM C untuk GoRide dan SIM A atau SIM B untuk GoCar dan GoTaxi.
  3. Usia minimal 17 tahun saat mendaftar atau maksimal 55 tahun.
  4. Surat keterangan sehat dari dokter jika kamu berumur 50 tahun atau lebih saat mendaftar.
  5. Surat keterangan domisili jika alamat tempat tinggal atau area bekerja berbeda dengan KTP.
  6. Mempunyai KK (Kartu Keluarga).
  7. Mempunyai ijazah sesuai pendidikan terakhir.
  8. Mempunyai SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  9. Punya smartphone dengan RAM minimal 1 GB agar bias membuka dan mengakses Gojek dengan lancar.
  10. Punya nomor handphone aktif yang bisa dihubungi baik lewat SMS ataupun telepon.

Selain itu, ada juga syarat yang berhubungan dengan sopan santun dan etika, walaupun syarat ini tidak dijelaskan secara langsung, namun syarat ini tertulis di kontrak kerja dan di halaman ketentuan yang ada di website Gojek, yaitu… :

  • Bersedia bertutur kata dan bersikap sopan santun kepada pelanggan, tidak mengucapkan kalimat yang kasar apalagi ancaman. Kalau kamu sampai melanggar, misalnya ada pelanggan yang melapor nih sob, maka karirmu di Gojek dalam bahaya. Kamu bisa saja disuspend bahkan dipecat.
  • Mengisi data dan menjalankan pekerjaan dengan jujur, misalnya tentang motor, misalnya kamu mendaftarkan motor merk dan tahun tertentu, maka motor itu juga yang harus kamu buat kerja.
    Sebagaimana kesopanan, tentang motor ini kalau sampai ada pelanggan yang mengeluh atau ada tim Gojek yang mengetahui kamu langsung dianggap tidak mentaati tata tertib kerja.
  • Memakai akun pribadi, jadi tidak ada yang namanya pakai akun orang lain untuk bekerja, sebisa mungkin hindari hal ini ya sob, lebih baik pakai nama sendiri.
  • Memakai atribut Gojek yang diwajibkan setiap kali bekerja sebagai bukti identitas seperti jaket dan helm.
  • Memahami apa saja kewajiban sebagai driver sesuai layanan yang dipilih. Jadi memang harus paham apa job desknya sebagaimana pekerjaan lain.

Cara Daftar Gojek (Go-Ride “Motor”)

  1. Buka halaman https://daftar.go-ride.co.id/
  2. Isi Formulir dengan lengkap
  3. Pilih Kota dimana kamu ingin jadi driver gojek
  4. Baca Syarat dan Ketentuan jadi driver gojek
  5. Ceklis Saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan
  6. Klik DAFTAR

Gojek akan mengirimkan kode Verifikasi ke nomor hp kamu. Selanjutnya lengkapi data yang diminta seperti nomor hp cadangan (darurat) dan alamat rumah.

Kemudian, Upload foto SKCK, KTP, SIM, dan STNK.

  • Jika data yang dikirimkan belum sesuai atau tidak pas, kamu akan dapat SMS pemberitahuan. Upload ulang data yang diminta.
  • Jika pendaftaran berhasil, kamu juga akan dapat SMS pemberitahan. Kemudian segera ke Kantor Operasional Gojek terdekat untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Ga ribet ya sob syaratnya? Sudah ada lebih dari 500 ribu orang di Indonesia menjadi driver Gojek,. Siapkan syarat daftar Gojek di atas kalau kamu juga pengen jadikan Gojek sebagai jalan rezekimu ya.

Daftar GoCar (Mobil)

GoCar itu layanan Grab yang memakai kendaraan roda empat, baik untuk tujuan pengantaran ataupun kirim barang. Daftar GoCar mudah banget sob, bisa kamu lakukan dari ujung jarimu. Ini bukan iklan pinjaman online ya sob, daftar GoCar memang benar-benar bisa kamu lakukan secara online dengan smartphonemu dan koneksi internet, dan tentunya dengan ujung jarimu.

daftar gocar

Daftar GoCar ini ada syarat khususnya sob selain syarat daftar Gojek utama yang saya ulas di atas, ini nih syarat tambahannya.

  1. Membuat foto diri yang jelas menghadap ke depan atau tidak miring.
  2. Memiliki SKCK yang masih berlaku.
  3. Punya akun Gmail dan rekening Bank atas nama pribadi
  4. Punya STNK mobil yang dipakai untuk bekerja.
  5. Mobil yang dipunya maksimal berusia 5 tahun sejak pembelian saat didaftarkan, jenis mobilnya ialah mobil keluarga seperti Xenia, Avanza, Pajero, dan sebagainya dengan kapasitas silinder di atas 1.000 cc.

Sedangkan cara daftar GoCar bisa kamu lakukan secara online dengan tahap berikut :

  1. Siapkan semua syaratnya ya, dalam bentuk copy file atau dokumen sudah di scan.
  2. Buka website Gojek = daftar.go-car.co.id
  3. Isi semua kolom yang tersedia sesuai dengan datamu dengan lengkap dan benar mulai dari nama, nomor handphone, hingga kota, untuk kode referensi boleh dikosongkan. Centang kotak yang berisi persetujuan pada syarat dan ketentuan dan klik ‘daftar’.
  4. Kamu akan mendapat kiriman kode verifikasi, masukkan angka tersebut di kolom yang tersedia ya sob. Selanjutnya kamu akan dibawa ke data pribadi yang lebih mendalam.
  5. Isi kembali formulir yang disediakan dengan benar sebagaimana formulir sebelumnya, jangan ada kebohongan ya sob, karena dibohongi itu menyakitkan. Kalau sudah terisi semua klik ‘lanjutkan’.
  6. Unggah dokumen asli yang sebelumnya sudah kamu scan, tiap dokumen punya kolom masing-masing, jangan sampai tertukar ya sob. Misalnya untuk foto diri dan SIM sudah ada tempatnya sendiri.
  7. Setelah menyelesaikan semua tahap di atas, kamu hanya perlu menunggu pihak Gojek memeriksa data dan dokumenmu. Lamanya bervariasi, jika ada kekurangan atau kesalahan kamu akan mendapat informasi lewat sms dan diberi batas waktu untuk merevisi.
  8. Sesudah diterima pihak Gojek dan dinyatakan selesai, dengan ini saya sampaikan daftar GoCar telah done, kamu akan mendapat sms notifikasi bahwa GoCarmu telah aktif dan siap dipakai dengan aplikasi.
  9. Jangan lupa saksikan video training untuk pemakaian aplikasi dan tips lainnya ya.

Selamat menunggu orderan!

Daftar GoFood

GoFood jelas ga asing lagi terutama buat para milenial, layanan dari Gojek ini dirasa telah mempermudah transaksi kuliner di Indonesia yang ga hanya tentang pesan antar tapi juga dianggap sebagai gaya hidup.

Nah, bagi kamu yang punya usaha kuliner, tak ada salahnya memanfaatkan peluang tersebut untuk memperluas jangkauan dagangmu, caranya dengan daftar GoFood. GoFood jelas akan melebarkan sayap usaha kulinermu karena pelanggan bisa mengakses dengan jauh lebih mudah dan cepat.

daftar gofood

Pertanyaannya yang mungkin ada di benakmu, bagaimana cara daftar GoFood? Rumitkah? Berapa biayanya? Dan sebagainya semua pertanyaanmu akan terjawab saat ini juga dengan membaca penjelasan cara daftar GoFood berikut ini.

Mendaftar jadi partner GoFood, selain syarat daftar Gojek yang telah saya bahas di atas, ada lagi syarat khususnya di sob, yaitu tambahan berikut :

  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang masih aktif dan tidak memiliki tunggakan.
  • Alamat usahamu telah didaftarkan di titik lokasi Google sehingga punya titik koordinat dan bisa dicari di Map online.

Nah, kalau syarat di atas sudah kamu penuhi, saatnya kamu daftar GoFood, pertama tentu kamu buka halaman resmi Gojek di halaman GoFood yaitu https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration atau instal aplikasi GoBiz. Ada formulir yang harus kamu isi disana.

1. Mengisi data usaha dan data diri

Di dalam kolom ini kamu diminta memasukkan nama usaha kulinermu dan bentuknya misalnya restoran, café, atau personal. Jadi apapun bentuk usahamu mulai dari bisnis kuliner rumahan hingga yang sudah punya area luas akan diterima oleh Gojek selama memenuhi segala syarat dalam pendaftaran.

Isi juga data lain seperti nama lengkap, alamat email, lokasi usaha, NPWP, dan sebagainya yang diminta untuk dilengkapi. Untuk kolom NPWP dan KTP, kamu harus mengupload foto KTP dan NPWP sebagai bukti sah.

NPWP wajib diisi ya sob sebab berhubungan dengan wajib pajak dimana kalau kamu punya usaha kuliner otomatis punya kewajiban bayar pajak ke Negara. Kalau kamu belum punya NPWP bisa buat dulu karena NPWP merupakan salah satu syarat daftar GoFood.

2. Data rekening pribadi

Selanjutnya yang harus diisi ialah data rekening Bank, rekening harus atas nama pribadi atau tidak diwakilkan. Hal ini nantinya dipakai untuk proses pembayaran. Kamu juga akan diminta memasukkan lebih detail tentang usaha kulinermu seperti nomor telepon jika ada, email, dan laporan penjualan.

Setelah melengkapi semuanya, kamu bisa tekan ‘submit’ dan tunggu balasan atau respon dari Gojek.

3. Verifikasi

Periksa email yang kamu daftarkan di Gojek, kamu akan mendapat kiriman berupa formulir yang berisi data hampir sama dengan formulir yang ada di halaman Gojek, isi saja sesuai apa yang diminta.

Selain itu, kamu juga wajib mengirimkan foto makanan, daftar menu, kartu identitas pribadi, dan harga yang kamu berikan setelah mendapat pajak. Pajak yang ditetapkan juga dijelaskan di email tersebut.

4. Tanda tangan kontrak

Setelah verifikasi selesai, kamu mesti bersabar dulu, sebab Gojek akan memeriksa data dan berkas yang kamu kirim yang kadang memakan waktu tidak sebentar, tau sendiri kan sob, mereka melayani pendaftaran GoFood di seluruh Indonesia, jadi harus memeriksa satu persatu.

Kalau seluruh data sudah diterima dan benar, kamu akan mendapat kiriman berupa dokumen untuk tanda tangan kontrak. Baca baik-baik kontrak yang telah diberikan seperti apa saja kode etiknya dan berapa pajak yang dibebankan. Kalau kamu setuju, kamu bisa menandatanganinya dan mengirim kembali ke email Gojek.

Seluruh proses yang sudah kamu lakukan akan berakhir dengan email sambutan dari tim GoFood bahwa kamu diterima menjadi partnernya dan bisa memulai berdagang di Gojek.

Penghasilan Gojek

Gojek seolah menjadi salah satu penolong bagi para pengangguran atau kalangan yang butuh penghasilan tambahan. Gojek memberikan syarat yang mudah dan cara kerja yang juga mudah sehingga tak heran banyak yang tertarik mendapat penghasilan dari Gojek. Berapa sih penghasilan Gojek? Yuk bahas faktanya.

Tarif Dasar

Sebelum membahas penghasilan Gojek, sebaiknya kamu tahu dulu berapa tarif dasar atau penghasilan yang didapat driver Gojek berdasarkan jarak tempuh dalam bekerja. Saat ini tarifnya ialah Rp 2.200 sd Rp 3.300 per kilometernya. Dari tarif tersebut, Gojek memotong pajak sebesar 20%. Jadi yang didapat driver ialah 80% dari total biaya ojek online.

Tarif Tambahan di Jam Khusus

Tidak hanya tarif atau penghasilan di atas yang didapat driver Gojek ya sob, ada tarif tambahan yang didapat yakni di jam sibuk yaitu jam 06.00 sd 09.00 dan jam 16.00 sd 20.00. Tarif yang dibebankan pada pelanggan akan naik jadi Rp 2.500 per km, jadi penghasilan Gojek yang didapat driver juga auto naik ya sob.

Poin dan Bonus

Gojek juga memberikan penghasilan tambahan berupa poin. Poin diperoleh dari jumlah orderan yang didapat, kemudian poin tersebut akan diakumulasikan dan bisa ditukarkan dalam bentuk bonus uang.

Tiap 1 kali orderan, driver mendapat 1 poin.
Jumlah poin berbeda dari layanan yang dihitung per orderan :

  • GoFood = 2 poin
  • GoMart = 2 poin
  • GoMedia = 2 poin
  • GoRide = 1 poin
  • GoSend = 1 poin
  • GoShop = 1 poin

Per 14 poinnya bisa ditukar menjadi uang kurang lebih Rp 15.000 (ini jumlah rupiahnya berbeda-beda di tiap kota ya sob), jadi semakin banyak order dan poin yang diterima, maka bonus rupiah per hari yang didapat pun semakin banyak.

Kalau kamu udah jadi driver Gojek nantinya sebisa mungkin hindari cancel order supaya bisa dapet poin banyak.

Jadi seberapa jumlah penghasilan Gojek tentu dari seberapa banyak order yang diselesaikan, tidak memiliki jumlah patokan khusus karena akan berbeda di masing-masing driver.

Daftar GoSend

GoSend ini layanan kirim barang atau biasa disebut dengan kurir. GoSend bisa melayani pengiriman paket dengan cara diambil langsung ke rumah pengirim dan juga diantar langsung ke rumah penerima.

Layanan ini sangat praktis dan cepat karena dapat dipesan dengan instant. Layanan ini juga berlaku 24 jam jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

daftar gosend

Driver GoSend ini beda dari GoCar ataupun GoFood ya sob, sebab ia punya tugas yang lebih penting seperti saat bertanggung jawab mengirim dokumen.

Penghasilan yang didapat juga bisa lebih tinggi berupa bonus Rp 230.000 per harinya kalau bisa mencapai target dan bonus senilai Rp 1 juta! Ya! 1 juta sob! Rp 1 juta diterima di bulan pertama kerja kalau driver menerima semua orderan di bulan pertama tersebut. Wah menarik kan sob?

Nah, siapapun bisa punya peluang daftar GoSend, syaratnya ialah sama dengan syarat daftar Gojek secara dasar yang bisa kamu lihat di atas, ditambah dengan syarat khusus :

  1. Punya STNK motor yang aktif dan sepeda motor memiliki tahun pembuatan di atas 2011.
  2. Punya SIM C dan masih berlaku.
  3. Punya SKCK yang juga masih berlaku.
  4. Usia tidak lebih 35 tahun.
  5. Smartphone yang dipunya harus berlayar minimal 5 inch.

Kalau daftarnya, bisa kamu lakukan secara online lagi-lagi hanya dengan ujung jarimu :

  1. Buka https://www.gojek.com/ dan klik menu ‘Join US’. Pilih menu ‘GoSend’ dan pilih ‘daftar’.
  2. Isi form pendaftaran yang tersedia, isi lengkap mulai dari nama, nomor identitas., nomor handphone, alamat, dan lain sebagainya. Isi dengan lengkap jangan ada yang terlewat ya sob.
  3. Selanjutnya lakukan verifikasi captcha dan klik ‘gabung’.
  4. Tunggu tim Gojek menghubungi kamu, bisa lewat email ataupun SMS.
  5. Selanjutnya kamu akan dihubungi dan diminta mengirim dokumen pendukung dalam bentuk unggahan seperti SKCK, SIM C, rekening pribadi, dan sebagainya.
  6. Nah, selesai kamu melakukan semua tahapan di atas dan datamu dirasa benar oleh Gojek, kamu akan diterima dan dipersilahkan untuk menjalankan orderan.

Gampang kan?

Syarat Tahun Motor Gojek

Hal ini menjadi sesuatu yang paling banyak ditanyakan secara motor menjadi salah satu kriteria lolos dan tidaknya menjadi driver Gojek. Jika kondisi motor tidak sesuai syarat, jelas lamaran untuk menjadi driver Gojek akan ditolak.

Syarat tahun motor Gojek ialah tahun 2011. Yaitu pembuatan tahun 2011 atau yang lebih baru. Hal ini untuk kenyamanan kedua belah pihak baik driver maupun penumpang ya sob. Dimana Gojek punya jam kerja yang fleksibel, bisa saja ada driver yang bekerja dari pagi sd malam, tentu kurang cocok jika memakai motor yang tua.

Jadi pastikan motor kamu memenuhi syarat tersebut. Jika kamu mendaftar dan bekerja dengan motor yang berbeda, nantinya kamu bisa kena suspend alias ditahan aksesnya untuk bekerja.

Misalnya nih kamu mendaftar dengan motor keluaran 2012, sementara kamu pakai motor tua dan mendapat keluhan dari konsumen, maka kamu juga akan mendapat penilaian buruk dari tim Gojek. Jadi lebih baik jujur aja ya sob.

Selain tahun motor, ada juga syarat lainnya yaitu kondisi fisik dan mesin masih oke, dalam kondisi standart dan tidak dimodifikasi. Jadi motor keluaran tahun 2011 atau atasnya dan dalam kondisi baik-baik saja lah yang punya peluang besar untuk diterima bergabung dengan Gojek.

Biaya Daftar Gojek

Tidak ada biaya daftar Gojek sepeserpun baik kalau kamu mendaftar secara offline maupun online. Biaya yang dikeluarkan ialah di luar dari apa yang didapat Gojek alias tidak ada yang masuk ke Gojek.

Misalnya biaya pembuatan NPWP, SKCK, atau lainnya yang merupakan syarat daftar Gojek, itu adalah biaya pribadi yang memang wajib dikeluarkan untuk bisa memiliki syarat dokumen tersebut.

Jadi tenangkan pikirmu sob, selama syarat yang kamu punya lengkap, kamu akan tetap memiliki peluang besar untuk diterima kerja di Gojek tanpa harus mengeluarkan biaya.

Note :

  • Untuk meningkatkan pelayanan, Gojek selalu melakukan update ketentuan dan layanan kemitraan.
  • Tata cara, aturan, tarif, bonus, bisa berubah sewaktu-waktu.

Demikian, informasi tentang Cara Daftar Gojek, semoga bermanfaat.

Leave a Comment