Cara Daftar Grab Car, Grab Bike dan GrabFood

Pengguna Grab di Indonesia kini makin banyak, Grab yang punya layanan lengkap memang memudahkan segala kegiatan harian seperti urusan transport dan pemesanan makanan. Saya sendiri juga telah lama menjadi pengguna setia Grab karena memang terbukti membuat hidup lebih mudah, mungkin kamu juga pengguna setia Grab seperti saya? atau malah sedang cari info cara daftar grab ?

Grab tidak hanya memberi manfaat untuk kita sebagai pemakai, namun juga membantu begitu banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan. Tau sendiri kan, Grab ada banyak layanannya, dari antar jemput, membeli makanan, kirim-kirim barang, layanan mobil, sampai media pembayaran pulsa atau rekning listrik juga ada. Itulah yang membuat Grab bisa dijadikan salah satu ladang mata pencaharian.

Bekerja di Grab jadi pilihan banyak orang karena fleksibel dan hasilnya menjanjikan, bisa dijadikan pekerjaan utama ataupun sampingan di waktu sela. Banyak yang bertanya bagaimana cara daftar grab dan berapa penghasilannya.

Nah, kalau kamu ga cuma pengen jadi penggunanya aja yang keluarin uang buat nikmatin layanannya tapi juga pengen aktif dapet uang dari Grab, kali ini saya ulas lengkap tentang cara daftar Grab buat referensimu ya. Yuk yuk simak dulu siapa tahu bisa jadi motivasi kamu buat dapat penghasilan tambahan.

Syarat Daftar Grab

Tiap layanan Grab bisa diambil oleh pengemudi Grab sebagai job yang semuanya akan memberikan penghasilan. Tapi ga semua orang bisa jadi pengemudi atau driver Grab ya guyz, tentu ada syarat atau kualifikasi yang harus dipenuhi.

Apa saja syaratnya untuk bisa bergabung? Dan, dokumen apa saja yang wajib dipunya agar dapat diterima? Ini nih berbagai syarat daftar Grab sesuai jenis layanannya.

Syarat daftar Grab paling dasar

Pihak Grab udah punya standart khusus buat kamu yang ingin bergabung di perusahaannya, di bawah ini adalah syarat paling dasar yang harus dipenuhi atau syarat yang ada di semua jenis layanan Grab. Jadi cara daftar grab gak asal daftar yaa.

1. Warga Negara Indonesia

WNI (Warga Negara Indonesia) yang sah. Bukti sah ini tentunya dari KTP ya, ‘sah’ memang dijadikan bukti utama sebagai keseriusan, sebagaimana kamu saat ini cari info daftar Grab supaya bisa dijadiin penghasilan tambahan buat men’sah’kan doi kan? Hehe.

2. Usia minimal 17 tahun

Usia 17 tahun sd 65 tahun disesuaikan dengan usia minimal dan maksimal pekerja di Indonesia.

3. Memiliki smartphone

Punya handphone pintar atau smartphone dengan RAM dan memori internal minimal 1/8 GB tapi jauh lebih bagus kalau spesifikasinya lebih tinggi dimana smartphone ini akan jadi alat utama dalam bekerja, kalau handphone nya lemot tentu jadi bikin susah juga kan?

4. Nomor tlp aktif

Punya nomor telepon aktif yang bisa dihubungi dengan mudah baik lewat telepon ataupun pesan singkat. Nomor telepon boleh dari jaringan apa saja yang penting berada dalam masa aktif.

5. Khusus laki-laki dan Wanita

Kalau masalah gender, pihak Grab membolehkan semua jenis kelamin untuk bergabung, baik laki-laki ataupun wanita asalkan memenuhi syarat di atas. Mungkin kamu sering ngeliat driver cewek yang tangguh bahkan ibu-ibu yang sudah berusia di atas 40 tahun tetap semangat buat cari rezeki di Grab. Yo ayo kamu yang lebih jangan mau kalah ya.

6. Punya KTP

Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang aktif atau e-KTP yang berlaku seumur hidup sebagai bukti identitas pribadi terutama untuk memastikan usia.

7. Memiliki Kartu Keluarga

Fotocopy KK (Kartu Keluarga) terbaru yang dipakai untuk memastikan identitas. Data yang ada di KTP dan KK harus sama.

8. Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili apabila alamat yang ditempati beda dengan alamat yang ada di KTP atau KK. Syarat ini sebagai antisipasi Grab kalau suatu hari ada masalah sehubungan dengan lokasi kerjamu atau dengan pelanggan Grab.

Misalnya kalau kamu punya alamat KTP di kota Semarang tetapi tinggal di Jakarta dan ingin bekerja sebagai driver Grab di area Jakarta, kamu wajib menyertakan surat domisili ini. Surat ini bisa kamu minta di Kepala Desa.

9. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat dari dokter kalau kamu berumur 50 tahun ke atas ketika mendaftarkan diri. Syarat ini untuk menjamin keamanan baik buat penumpang maupun drivernya, soalnya jadi driver kan kerjanya di lapangan ya guyz, Grab gak ingin kesehatan drivernya jadi terganggu atau timbul maslaah kesehatan baru. Cie perhatian sekali ya pihak Grab ini.. Hehe..

Kalau kamu udah memenuhi semua syarat daftar Grab, kamu bisa mendaftar jadi pengemudi Grab secara online atau datang langsung ke kantor cabangnya yang terdekat di kota kamu.

Kali ini yang penulis bahas secara online ya, karena kalau datang ke kantor langsung, kamu akan dijelaskan oleh staff Grabnya dan diarahkan.

Syarat daftar GrabTaxi

Salah satu layanan di Grab ada yang namanya GrabTaxi nih guyz, kalau kamu berminat daftar sebagai pengemudi GrabTaxi, selain syarat utama KTP dan smartphone, syarat pendaftaran lainnya bisa kamu simak berikut ini.

  • Driver harus berasal dari Fleet atau instansi Taxi yang terdaftar dan bekerjasama dengan Grab.
  • Fotocopy kartu tanda anggota Fleet Taxi.
  • Punya SIM A yang masih berlaku.
  • Melampirkan slip setoran Taxi saat mendaftar.

GrabTaxi ini tidak tersedia di semua kota ya, hanya kota-kota tertentu yang memiliki armada Taxi dan telah bekerjasama dengan Grab, diantaranya Jabodetabek, Semarang, Bandung, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya.

Syarat daftar Grab Bike

cara daftar grab bike

GrabBike merupakan layanan yang paling banyak ditemui di berbagai kota, mungkin kamu juga sering nemuin driver Grab di kotamu kan. Syarat daftar GrabBike ini simple alias tidak ribet, yaitu :

  • Syarat utama seperti KTP, KK, Surat Keterangan Domisili, Punya smartphone, dan sebagainya yang penulis sebutkan di atas ya.
  • Fotocopy SIM C yang tentunya masih berlaku.
  • Fotocopy STNK motor dan SKCK legalisir.
  • Memiliki motor yang layak dan sesuai kriteria yakni minimal motor keluaran tahun 2008 atau yang lebih baru, nyaman dan layak dipakai, bukan motor modifikasi atau motor balap, body motor lengkap, dan punya dokumen resmi.

Kamu yang memenuhi syarat tersebut, bisa segera daftar dan mengisi lampiran yang telah disediakan baik secara online ataupun di kantor cabang.

Syarat daftar GrabBike ini juga sama seperti syarat daftar GrabExpress dimana GrabExpress memakai kendaraan bermotor roda dua untuk mengantarkan barang.

Syarat daftar Grab Car

Jadi driver GrabCar terbuka untuk siapapun, baik pemilik mobil pribadi atau kamu yang sudah punya instansi lebih besar seperti rental mobil. Syarat yang dipenuhi berbeda, berikut rinciannya:

Bagi pemilik mobil pribadi :

  • Lolos uji KIR.
  • Punya STNK asli, SKCK asli, dan syarat dokumen utama (KTP, smartphone, dll).
  • Memiliki kendaraan maksimal berumur 5 tahun dari pembelian, tipe mobil diutamakan untuk family atau MPV atas nama pribadi, jika mobil dibeli dari orang lain dan belum balik nama, wajib menyertakan surat jual beli atau kwitansi pembayaran.

Bagi instansi rental mobil :

  • Memiliki surat legalitas tentang usaha rental.
  • Memiliki alamat email Gmail dan syarat dokumen utama.
  • Memiliki rekening Bank.
  • Usaha rental mobil telah didaftarkan di Dishub.

Itulah syarat daftar GrabCar yang harus dipenuhi kalau pengen jadi bagian dari driver Grab, memang syaratnya lebih khusus demi menjamin kenyamanan pengguna Grab.

Syarat daftar GrabFood

Kamu punya usaha makanan? Bisa banget nih daftar jadi partner GrabFood, selain mudah, kamu juga bisa dapat keuntungan menjangkau pembeli dengan lebih luas serta memudahkan mereka untuk membeli makanan di tempatmu. Persiapkan dan penuhi syarat berikut :

  • Ada profil restoran yaitu nama dan alamat yang telah didaftarkan di titik koordinat.
  • Memiliki syarat utama seperti KTP dan KK serta NPWP.
  • Memiliki foto restoran dan daftar menu serta harganya.
  • Memiliki buku rekening pribadi.

Gimana? Mudah bukan syaratnya? Syarat daftar Grab baik itu GrabBike, GrabCar, dan lainnya memang tidak sulit, sebab itulah rugi banget kalau kamu ga memanfaatkannya buat nambah penghasilanmu.

Cara Daftar GrabFood

Cara daftar grab food

Sebelumnya udah penulis bahas semua tentang syarat daftar Grab ya, Untuk kamu yang memang serius mau daftar buat nambah penghasilan, bisa ikuti petunjuk berikut.

Untuk GrabFood sendiri ada beberapa alur seperti dijelaskan di laman resminya Grab.

1. Verifikasi email

Pertama kamu masuk dulu ke website resmi Grab di www.grab.com dan lanjut menuju halaman GrabFood dengan klik menu ‘Mitra GrabFood’ yang ada di bagian atas.

Isi formulirnya secara lengkap mulai dari nama restoran atau warung, nomor handphone, alamat, email, dan lainnya yang diminta untuk diisi. Jangan lupa isi huruf ‘captcha’ sesuai dengan yang tertera untuk autentifikasi.

Setelah mengisi lengkap, kamu akan mendapat email verifikasi, lakukan verifikasi dalam waktu maksimal 3 hari atau 72 jam, jangan sampai telat ya, karena kalau lebih dari batas waktu tersebut maka formulir hangus dan kamu harus mendaftar lagi dari awal.

2. Mengisi informasi

Proses verifikasi yang kamu lakukan selanjutnya akan membawamu ke halaman Help Grab, kamu akan diminta mengisi formulir yang lebih detail tentang usaha kulinermu. Mulai dari nama, jadwal operasi, nama menu dan harganya, hingga foto untuk dipajang di aplikasi Grab.

Isi lengkap semua data tersebut dengan benar sebab berhubungan langsung dengan proses penjualan dan akses pelangganmu. Periksa dengan detail ya sebelum kamu klik oke dan masuk ke proses selanjutnya.

3. Tanda tangan kontrak

Setelah semua informasi tentang kulinermu selesai, maka kamu akan mendapatkan email tentang kontrak kerjasama yang harus kamu tanda tangani. Baca baik-baik apa saja yang menjadi kewajibanmu selama berjualan di GrabFood dan semuanya yang ingin kamu pahami lebih lanjut.

4. Verifikasi

Pihak Grab akan memeriksa data-data tentang resto atau warungmu yang telah tertulis di formulir, kalau disetujui, kamu akan mendapat email verifikasi. Klik link yang ada di email tersebut dalam batas waktu yang tertera.

5. Verifikasi OVO

OVO ini uang pembayaran yang dipakai di GrabFood ya, karena itu cara daftar GrabFood juga berhubungan dengan OVO. Kamu harus memiliki dan mengaktifkan rekening OVO. Sesudahnya tinggal validasi dan kamu sudah bisa berjualan dengan Grabmu.

Kamu juga akan mendapat materi pelatihan tentang cara lengkap memakai GrabFood dan mengaktifkan akun, jadi kamu ga akan kebingungan saat udah menjalankan usaha dengan aplikasi Grab ini.

Fyi, Grab memiliki profit sharing yang dibebankan pada restoran sebesar 30% sesuai order yang masuk. Misalnya dalam satu hari kamu mendapat penghasilan Rp 500.000 dari aplikasi GrabFood, maka pihak Grab berhak mendapat profit sebesar Rp 150.000.

Kalau dari pengalaman saya sih, umumnya para pemilik restoran memang menaikkan harga menu makanan mereka di aplikasi Grab, jadi kalaupun mendapat potongan tidak akan mengurangi keuntungan mereka karena profit yang dibebankan Grab telah dibayar oleh pembeli.

Kamu  bisa loh menerapkan cara yang sama supaya keuntunganmu tidak terpotong oleh profit Grab.

Itu tadi cara daftar GrabFood untuk bisa membuat bisnis kulinermu punya jangkauan yang lebih luas serta informasi biayanya.

Jangan lupa kasih tahu semua pelangganmu dan informasikan kalau restoranmu sudah masuk Grab Food dengan menyebutkan namanya.

Kalau ada yang masih belum kamu pahami, kamu bisa hubungi Customer Service atau datang langsung ke kantor Grab di kotamu.

Cara Daftar Grab Car

Cara daftar grab car

Cara daftar Grab Car bisa kamu lakukan secara online ataupun langsung ke kantor Grab di kotamu. Menurut saya, kamu lebih baik mendaftar secara online untuk lebih memudahkan, juga tidak semua kota memiliki kantor resmi Grab. Berikut langkahnya.

  • Buka website Grab dan klik Pengemudi Car.
  • Di halaman resmi Grab, kamu akan diminta mengisi beberapa data dasar seperti nama lengkap, alamat, kota dimana kamu ingin bekerja, nomor ponsel, dan sebagainya. Seluruh data dasar ini secara otomatis akan masuk ke identitasmu yang nantinya dipakai untuk login aplikasi Grab.
  • Selanjutnya, kamu diminta menunggu beberapa waktu untuk tim dari Grab memeriksa datamu, bila telah diterima, kamu akan diberi formulir lengkap untuk diisi dan menyerahkan beberapa berkas terkait pendaftaran.

Nah, dokumen yang perlu kamu miliki ialah :

  • Formulir yang telah diisi.
  • Syarat dasar pendaftaran Grab seperti KTP dan KK.
  • Fotocopy SIM A atau SIM B dan STNK mobil TAHUN 2012 ke atas yang masih berlaku.
  • SKCK yang masih berlaku.

Cara daftar GrabCar agak berbeda dari layanan lainnya, ada juga beberapa syarat khusus yaitu :

  • Usia maksimal 55 tahun pada tanggal 31 Desember 2015.
  • Tidak memiliki kekurangan fisik ataupun mental yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
  • Mampu baca dan tulis.
  • Menguasai wilayah tempat bekerja sebagai driver Grab Car.
  • Membayar uang top up awal Rp 100.000.
  • Lolos UJI KIR.

Setelah semua langkah di atas kamu lakukan, maka kamu hanya tinggal menunggu interview dari pihak Grab, biasanya pihak Grab akan menghubungi via sms atau email dan memberikan persetujuan. Setelah di ACC, baru deh kamu bisa mulai nambah penghasilan dari GrabCar.

Penghasilan Grab

Grab memberikan kemudahan bagi semua untuk bisa mendapat penghasilan tambahan, ga main-main ya guyz, tidak hanya penghasilan utama saja, semua driver juga bisa mendapatkan bonus bahkan saat ini ada fitur insentif dari konsumen.

Berapa sih penghasilan Grab? Nih penulis ulas selengkapnya sesuai jenis layanan yang dikerjakan.

Penghasilan Grab Bike

Profit

Untuk kamu yang telah menjadi driver Grab Bike, penghasilan yang didapat ialah dengan sistem sharing profit. 90% untuk driver dan 10% untuk instansi Grab atau istilah lainnya penghasilan di tiap job akan dipotong 10%.

Insentif

Penghasilan tambahan berupa insentif 30% dari penghasilan yang diberikan di waktu tertentu yaitu :

Hari Senin sd Kamis, insentif diberikan jam 12 malam sd jam 12 pagi.

Hari Jumat, insentif diberikan jam 12 malam sd jam 4 sore.

Insentif lainnya ialah berkaitan dengan jarak tempuh, yaitu 10% untuk jarak dekat dan 15% untuk jarak jauh.

Bonus tambahan

Penghasilan Grab Bike dari bonus diberikan untuk driver yang memenuhi syarat khusus yaitu : Nilai penerimaan lebih dari 80% per minggu, Cancel dari penumpang maksimal 10 kali per minggu, Memiliki bintang lebih dari 4,5, Tidak pernah mendapat complain dari penumpang, dan mematuhi kode etik.

Bonus yang didapat berupa bonus harian :

5 kali berkendara : Rp 30.000
10 kali berkendara : Rp 100.000
15 kali berkendara : Rp 200.000

Bonus akan diberikan per minggu, tiap hari Senin, driver akan dievaluasi. Hari Selasa proses top up bonus ditransfer. Dan di hari Jumat, driver GrabBike bisa mencairkan bonus.

Hmm cukup menjanjikan bukan? Kuncinya ialah rajin, bersikap ramah, serta mengikuti aturan yang ditetapkan. Penghasilan GrabBike ini berlaku untuk pengantaran, pesan makanan, dan delivery.

Penghasilan Grab Car

Penghasilan Grab Car per bulannya cukup besar dan menarik untuk dinikmati, bagi kamu yang memang sudah tertarik dan ingin menghitung berapa kisaran hasil yang akan didapat, yuk cek berapa penghasilan GrabCar per bulannya.

Profit

Untuk driver GrabCar ini, kamu wajib senantiasa mengisi saldo OVO sebab pajak dipotong langsung dari sini. Pajak yang dikenakan ialah 10% untuk jarak dekat dan 15% untuk jarak jauh dari jumlah tarif yang tertera. Jadi pendapatanmu akan dipotong dengan hitungan tersebut ya.

Bonus

Kamu yang telah menjadi driver GrabCar punya peluang untuk menikmati bonus yang menggiurkan sebesar Rp 1.160.000,- per minggu dengan syarat telah mencapai pendapatan Rp 2.500.000,- per minggu

Insentif

Insentif Rp 70.000 diberikan jika dalam sehari telah melakukan job sebanyak 7 kali, hal ini berlaku untuk pengantaran.

Jadi, daripada mobilmu nganggur di rumah atau kamu punya waktu luang terlalu banyak, ga ada salahnya jadi driver GrabCar. Tentu lebih menghasilkan daripada cuma sibuk rebahan bukan?

Demikian informasi tentang cara daftar Grab. Semoga bermanfaat ya..

Leave a Comment