Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Cara membersihkan keyboard laptop perlu diperhatikan supaya tidak merusak komponen di dalamnya. Meskipun hanya kotoran debu, tapi jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menumpuk dan bisa membuat laptop nge-hang atau korslet.

Ada cara mudah membersihkan keyboard laptop yang bisa kamu lakukan di rumah. Baiknya perhatikan hal-hal berikut ini, dan gunakan alat yang aman.

Cara Mudah Membersihkan Keyboard

Saat menggunakan laptop, keyboard adalah bagian yang paling sering kita gunakan. Baiknya, bersihkan keyboard laptop secara berkala supaya kotoran tidak menumpuk. Cara mudahnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Matikan Laptop

Sebelum memulai membersihkan laptop, dan demi keamanan juga matikan laptop terlebih dahulu.

Mematikan laptop sebelum dibersihkan dapat mencegah terjadinya korslet, dan tidak membuat kerancuan pada sistem operasi karena kamu akan memencet berbagai tombol saat membersihkannya.

2. Letakkan Laptop dalam Posisi Terbalik

Dengan membalikkan posisi laptop, kamu dapat dengan mudah membersihkan debu di dalamnya. Cara ini juga akan membuat kotoran jatuh dengan sendirinya.

Memang tidak 100% dapat langsung menghilangkan semua kotoran yang ada, tetapi upaya ini terbilang efektif jika kamu lakukan dengan benar.

Baca juga : Perbedaan Intel dan AMD Pada Laptop atau PC

3. Menggunakan Kuas Lembut

Jika hanya mengandalkan kain lap saja memang tidak bisa membuat keyboard laptop bersih 100%.

Kamu butuh alat lain yang dapat menyapu debu-debu yang terselip di antara tombol tombol di keyboard. Salah satunya adalah menggunakan kuas yang lembut.

Berbagai kuas dapat kamu gunakan, seperti brush make up yang sudah tidak dipakai lagi yang mempunyai bulu halus, sehingga dapat menyapu debu di sela-sela keyboard laptop.

4. Menggunakan Vacum Cleaner

Ada vacum cleaner yang dirancang khusus untuk membersihkan keyboar laptop. Kamu juga bisa menggunakan alat ini.

Justru dengan menggunakan vacum cleaner, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga selama membersihkan keyboard.

Alat ini akan secara otomatis menyedot debu dan kotoran yang ada di sela keyboard laptop. Lebih praktis dibanding cara sebelumnya.

5. Memanfaatkan Hair Dryer

Terdengar aneh sih.., tetapi alat pengering rambut ini bisa membantu kamu untuk membersihkan keyboard.

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan hair dryer untuk membersihkan keyboard adalah, pastikan kamu sudah membersihkan bagian luar keyboard sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan kain, atau kuas untuk membersihkan keyboard terlebih dahulu, sebelum menggunakan hair dryer.

Hal ini supaya udara yang dihasilkan hair dryer tidak membuat debu justru masuk lebih dalam ke sela keyboard laptop.

6. Tekan Keyboard Seperti Mengetik

Pada posisi laptop terbalik kamu bisa mengeluarkan kotoran atau debu dari keyboard dengan menekan nekan tombol yang ada, selayaknya kamu sedang mengetik.

Langkah ini akan membantu kamu mengeluarkan kotoran atau debu di dalamnya lebih mudah. Tapi, jangan terlalu kuat juga menekannya ya, alih-alih membersihkan debunya, kamu justru malah merusaknya. Heheh…

7. Mencabut Keyboard Laptop

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencabut keyboard laptop dari tempatnya. Cara ini terbilang ampuh untuk membersihkan semua kotoran yang ada di bagian dalamnya.

Karena dengan beberapa cara di atas hanya membersihkan bagian luar dan sela-sela keyboard saja.

Tapi, pastikan kamu sudah berpengalaman ya untuk mencabut keyboard laptop. Karena langkah ini cukup berisiko dan membuat keyboard justru jadi eror.

Baiknya, browsing terlebih dahulu mengenai cara membersihkan keyboard laptop dengan mencabutnya, atau bertanya langsung kepada orang yang sudah ahli.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan keyboard laptop sendiri di rumah. Usahakan kamu membersihkan keyboard secara berkala, supaya menghindari penumpukan kotoran di dalamnya.

Debu dan kotoran yang menumpuk di dalam keyboard rentan membuat keyboard eror atau korslet. Tapi perhatikan juga cara dan alat yang kamu gunakan selama membersihkan keyboard, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan keyboard laptop yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat yaa.