Cara Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis online banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Banyak para pedagang yang mulai mengalihkan aktivitas jual belinya ke online.

Bahkan sudah banyak pebisnis online yang meraup keuntungan besar tanpa harus membuka lapak fisik. Jadi, apakah kamu berminat untuk mengetahui cara memulai bisnis online ?

Untuk memulai bisnis online, ada banyak langkah-langkah yang harus kamu kerjakan seperti menentukan produk yang akan dijual, hingga bagaimana cara memasarkan produk-produk tersebut dipasaran.

Cara Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online memang bukan perkara yang mudah, namun bukan hal yang mustahil untuk kamu coba. Apalagi dengan semakin banyaknya pengguna internet yang akan mempermudah langkah promosimu. Nah, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis online :

1. Tentukan apa yang akan kamu jual

Produk merupakan komponen terpenting dalam sebuah bisnis. Jika produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan pasar, maka kamu memiliki banyak peluang untuk memenangkan pasar.

Namun sebaliknya, jika produk yang kamu jual adalah produk yang tidak dibutuhkan pasar, maka kemungkinan besar kamu akan gagal dalam bisnis tersebut.

Maka jual produk yang dibutuhkan oleh pasar, yang dapat menyelesaikan masalah konsumen. Sehingga bisnis yang kamu jalankan akan selalu berkembang pesat.

Itulah pentingnya mengidentifikasi kebutuhan pasar, untuk menentukan produk apa yang akan kamu jual nantinya, serta yang akan menentukan berjalan atau tidaknya bisnismu nanti.

Bisnis online atau bisnis rumahan harus dimulai dari pemilihan produk yang tepat. Kamu bisa mencari ide produk melalui marketplace atau survei pasar.

2. Lakukan riset untuk melihat para kompetitor

Untuk memulai bisnis online, kamu harus tahu betul siapa kompetitormu. Kamu dapat memulai dengan meriset bagaimana mereka menjual produk secara online. Kamu dapat melihat-lihat di platform online marketplace, seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Blibli, atau Lazada.

Cari tahu apa yang mereka tawarkan, hingga banyak konsumen yang membeli. Dari sini juga kamu dapat melihat kelemahan kompetitormu, sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk menawarkan keunggulan produk yang kamu jual.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam melayani pembeli agar mereka puas dan ingin selalu berbelanja di tokomu adalah, menjawab setiap pertanyaan dari konsumen dengan ramah, cepat.

3. Mencari supplier

Mencari supplier yang tepat juga sangat menentukan jumlah keuntungan yang akan kamu dapatkan nanti. Kamu dapat mencari supplier di pusat grosir, atau langsung ke sentra-sentra pengrajin di daerah-daerah.

Atau jika kamu ingin memulai bisnis online dengan menjadi reseller di Indonesia juga sudah banyak agen-agen online yang menawarkan kerjasama untuk menjadi reseller.

4. Membuat brand untuk membangun kepercayaan konsumen

Memulai bisnis online tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal-asalan. Dimulai dengan mencari nama brand hingga logo yang akan dipakai. Karena kepercayaan dari para konsumen akan terbangun dari citra bisnismu sendiri.

Banyak brand-brand terkenal seperti Rinso, ABC, Sosro, dan lain-lain, yang nama dan logo mereka begitu melekat dipikiran orang-orang, serta kualitas dari brand-brand tersebut, membuat konsumen semakin yakin bahwa produk mereka bagus.

Pernah makan ayam goreng KFC ? ayam goreng yang ada krispinya itu lo.. Hampir semua orang jika makan ayam goreng yang ada krispinya menyebut ini ayam goreng KFC, padahal belum tentu produk asli KFC. Itulah kekuatan branding bisnis makanan, sudah melekat diingatan banyak orang.

5. Melakukan promosi di media sosial

Promosi melalui media sosial ada yang gratis hingga berbayar. Keduanya sama-sama meningkatkan volume penjualan, namun yang berbayar tentu lebih efektif dan tertarget dari pada yang gratisan.

Media sosial seperti Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar bagi para pebisnis online yang ingin produknya makin terkenal.

Biaya yang ditawarkan pun variatif, mulai dari US$ 5 per minggu, atau sekitar 72 ribu rupiah, tergantung seberapa banyak dan seberapa jauh jangkauan yang kamu inginkan.

Lewat promosi gratisan pun tidak menutup kemungkinan bagimu untuk mendapatkan keuntungan yang besar, asalkan sejak awal kamu giat mempromosikan brand dan produkmu dengan baik.

Nah, itulah cara memulai bisnis online bagi pemula, semoga bermanfaat dan segera lakukan action.

Leave a Comment