Cara Memulai Usaha Pakaian untuk Pemula

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia, apalagi saat ini pakaian telah menjadi trend dan koleksi khususnya bagi kaum hawa. Sehingga berjualan pakaian merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya, karena memiliki prospek yang menjanjikan untuk dilakukan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha pakaian ?

Pakaian telah berubah menjadi bagian gaya hidup terutama bagi para wanita, itulah alasan paling utama yang membuat bisnis pakaian memiliki prospek yang menjanjikan. Sehingga peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, baik yang masih pemula maupun pebisnis besar.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Pakaian

Apabila kamu telah memutuskan untuk memulai bisnis pakaian, maka kamu harus mempersiapkan perencanaan bisnis yang terukur dan baik, sehingga mampu memberikan gambaran tentang cara pengelolaan bisnis pakaian yang akan kamu geluti.

Kamu dapat memulai perencanaan tersebut dengan menuliskan beberapa hal yang realistis, seperti memasang target keuntungan yang tidak terlampau besar.

Hal lain yang perlu kamu lakukan dalam perencanaan bisnis adalah menentukan prioritas utama serta mengukur kemampuan modal yang dimiliki agar dapat menghasilkan keuntungan. Karena pondasi kehidupan usaha yang akan kamu jalankan adalah modal.

Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan ketika melakukan perencanaan bisnis :

  • Gambaran umum mengenai bisnis yang akan kamu jalankan, seperti nama bisnis, tujuan dari bisnis, serta jenisnya.
  • Apa jenis produk yang akan dijual, seperti jenis dan bahan pakaian, serta tren pakaian saat ini.
  • Menyusun strategi operasional serta pemasaran produk yang akan dijual.
  • Merancang dan menentukan model bisnis yang akan kamu gunakan, seperti sistem grosir ataukah eceran.

4 poin di atas adalah pondasi dasar untuk mengembangkan perencanaan usaha yang akan kamu mulai. Kamu juga dapat mengembangkannya menjadi beberapa poin lagi sesuai kebutuhan.

Setelah perencanaan, hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah perencanaan usaha yang akan dimulai. Berikut yang harus kamu pertimbangkan terkait permodalan :

  • Berapakah modal yang kamu butuhkan untuk bisnis pakaianmu ?
  • Berapakah pengeluaran yang kamu butuhkan untuk menjalankan usaha?

Untuk awalan mungkin ini seperti bisnis rumahan, modal dari kecil dulu. Jika peluangnya bagus tingkatkan modalnya secara bertahap agar usaha kamu semakin besar.

Cara Memulai Usaha Pakaian

Selain perencanaan bisnis yang matang dan jumlah modal yang diperlukan, berikut beberapa point penting lainnya untuk memulai usaha pakaian yang harus kamu pertimbangkan :

1. Melakukan riset pasar untuk menentukan pelanggan yang menjadi target

Melakukan riset pasar adalah hal yang harus kamu lakukan untuk melihat peluang sebuah usaha agar berkembang dan memenangkan persaingan.

Tidak hanya pakaian, contoh lainnya seperti usaha kuliner, usaha aksesoris, sepatu, tas, jam tangan, jilbab dst wajib melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset pasar, maka kamu dapat mentarget konsumen yang tepat untuk bisnis pakaianmu.

Kamu harus menentukan pelanggan/target pasar yang akan kamu incar untuk membeli pakaian yang akan kamu jual, seperti :

  • Ekonomi kelas atas
  • Ekonomi kelas menengah
  • Ekonomi kelas menengah ke bawah
  • Dewasa
  • Anak-anak
  • Remaja
  • Atau muslimah

Manfaat dari riset pasar adalah mengukur peluang usaha, serta mencari tahu kompetisi yang akan dihadapi. Dengan begitu kamu akan dapat mempersiapkan antisipasi terhadap resiko yang akan ditanggung selama menjalankan bisnis.

2. Melihat tren untuk menentukan jenis pakaian yang akan dijual

Setelah melakukan riset pasar dan mendapatkan data-data yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis pakaian seperti apakah yang akan kamu jual.

Ada banyak jenis pakaian yang dapat kamu pilih untuk dijadikan niche produk bisnismu, seperti pakaian muslimah, pakaian anak, jaket, dan lain-lain.

Agar mudah ketika melakukan promosi serta mengembangkan usaha bisnis pakaianmu, kamu harus fokus hanya pada satu jenis pakaian saja.

Kamu juga harus jeli dalam melihat tren yang sedang di gandrungi oleh para pelanggan, sehingga modal yang kamu miliki dapat berputar dengan cepat, karena daganganmu laris di pasaran.

3. Mencari lokasi usaha yang strategis

Mencari tempat usaha yang strategi merupakan kendala terbesar dalam memulai bisnis pakaian. Lokasi tempat usaha adalah faktor penunjang utama bagi keberhasilan sebuah bisnis.

Salah satu ciri tempat yang strategis untuk bisnis pakaian adalah konsumen dengan mudah dapat menemukan tempat usahamu. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang lokasi usaha yang bagus untuk usaha pakaian kamu.

Mendapatkan tempat yang startegis memang bukan perkara mudah, dan pastinya memerlukan biaya yang cukup besar. Karena hal ini akan menjadi kendala bagi kamu yang memiliki modal yang terbatas, karena tempat yang strategis biasanya memiliki harga sewa atau harga jual yang tinggi.

4. Membuat branding

Cara memulai usaha pakaian yang selanjutnya adalah membuat branding. Membuat branding bagi bisnis pakaian yang akan akan kamu mulai merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan.

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan branding ini adalah semakin mempermudah dalam mempromosikan produk, serta mempermudah para pembeli dalam mencari produk kamu.

Buatlah nama branding yang mudah diingat oleh para konsumen, karena hal ini juga berpengaruh pada kelangsungan usaha kamu. Selain itu, kualitas barang yang selalu baik, serta pelayanan yang ramah dan menyenangkan juga akan sangat berpengaruh pada branding bisnismu.

5. Mencari suplier yang tepat

Apabila kamu belum mampu dalam memproduksi pakaian sendiri, maka yang harus kamu lakukan adalah mencari suplier yang tepat untuk usaha pakaianmu.

Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh para pebisnis pemula guna mengurangi resiko kerugian yang akan terjadi. Apabila kamu memiliki modal yang kecil, maka kamu dapat memulai bisnis ini dengan menjadi reseller dari para suplier.

Untuk menemukan suplier yang tepat, kamu dapat mencari para agen-agen atau produsen pakaian yang menawarkan produk pakaian murah namun berkualitas. Kamu dapat mencari produsen dan agen tersebut secara online maupun offline.

Apabila kamu dapat menemukan suplier yang tepat, maka dengan begitu kamu akan membantu meningkatkan keuntungan/laba bisnis, serta mengurangi resiko kerugian. Mencari suplier yang tepat dan menjalin kerjasama yang baik, agar kamu dapat berbisnis dengan aman.

6. Memilih dan menyusun strategi pemasaran yang efektif

Strategi pemasaran yang efektif harus dimiliki oleh seorang pebisnis untuk mencapai kesuksesan. Kamu akan mengalami kesulitan untuk menarik banyak konsumen ke tokomu, apabila strategi pemasaranmu biasa-biasa saja.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan produk pakaianmu, baik secara offline maupun online. Kamu dapat memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi, karena lebih efektif dan hemat biaya, seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Salah satu strategi awal promosi yang dapat kamu lakukan untuk menarik minat pembeli adalah memberikan diskon saat buka toko. Atau kamu dapat memberikan souvenir cantik bagi para pembeli, yang melakukan pembelian diatas Rp 400.000.

Ketika nanti tokomu sudah mulai berjalan, kamu juga dapat menarik minat pembeli dengan strategi promosi cuci gudang rutin setiap bulan, agar para pelanggan selalu bersemangat berbelanja di tokomu.

7. Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen

Pelayanan yang baik dan ramah merupakan salah satu faktor penting yang membuat daya tarik konsumen untuk berbelanja ke tokomu. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba, agar para pelanggan senang berbelanja ke tokomu :

Mendengarkan setiap pelanggan

Pelayanan yang baik dan menyenangkan harus selalu kamu berikan kepada setiap pelanggan yang datang ke tokomu. Apabila mereka kesulitan dalam memilih jenis pakaian yang cocok, maka sudah seharusnya kamu mendengarkan dan memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

Berikan perhatian yang sama kepada setiap konsumen

Setiap pelanggan pastinya menginginkan perhatian dan pelayanan yang sama dari pemilik toko. Kamu harus mendengarkan setiap keinginan dan pertanyaan dari konsumen, agar mereka merasa nyaman karena merasa diperhatikan dan tidak diabaikan.

Menyediakan kebutuhan para konsumen

Memperhatikan dan menyediakan kebutuhan para pelanggan merupakan salah satu bentuk pelayanan terbaik kepada konsumen.

Tentunya hal ini bukanlah perkara yang mudah, karena kamu akan kesulitan dalam mengakomodasi setiap kebutuhan dari pelanggan.

Namun, dengan pelayanan yang terbaik yang kamu berikan kepada setiap pelanggan akan secara otomatis membuat para pelanggan menaruh kepercayaan kepada kamu dan bisnismu.

8. Mengikuti perkembangan tren

Tren pakaian yang selalu berubah adalah salah satu hal menarik yang harus kamu ketahui dalam bisnis pakaian yang kamu geluti.

Kamu harus belajar peka dan mengetahui tren pakaian terkini yang sedang diminati oleh para pelanggan, apabila kamu ingin bisnis pakaianmu terus berjalan.

Dari sekian banyak cara memulai usaha pakaian di atas, yang terpenting adalah sikap pantang menyerah, karena tidak ada bisnis yang mudah.

Bisnis yang kamu geluti akan berkembang dan sukses meraup keuntungan yang besar apabila kamu selalu berusaha dan pantang menyerah.

Banyak pebisnis yang sukses karena melalui proses yang panjang, perjuangan dan kesabaran.

Dan bagi kamu yang baru memulainya, kamu harus siap menghadapi setiap tantangan serta semua permasalahan yang muncul ketika kamu menjalankan bisnis.

Leave a Comment