Cara Mengatasi HP Lemot dengan Cara Simple dan Sederhana

Cara mengatasi HP lemot memang menjadi permasalahan umum yang kerap kali terjadi pada kebanyakan pengguna smartphone dimana performa smartphone mereka yang semakin lama terasa mulai melamban atau lemot.

Perlu kamu ketahui, bahwa kinerja HP yang mulai lemot dapat di sebabkan oleh beberapa hal. Nah, sebelum kamu mengetahui cara mengatasi HP lemot, pahami 3 point berikut ini :

  • Terlalu banyak menginstall aplikasi di smartphone, sehingga ponsel kamu kehabisan memori untuk menyimpan aplikasi tersebut.
  • Konsumsi RAM sudah hampir melebihi batas kapasitas, oleh karena itu jangan membuka aplikasi berat yang bersamaan jika RAM di ponsel kamu kecil.
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga hal ini juga akan membuat RAM HP kamu menjadi penuh.

Cara mengatasi HP lemot paling efektif

Perhatikan Spesifikasi

Cara mengatasi HP lemot yang pertama ialah dengan memperhatikan spesifikasi dan jumlah memori HP. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap smartphone pasti di bekali dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga dapat mempengaruhi kecepatan performa HP kamu.

Ketika kapasitas memori internal tinggal sedikit, maka HP akan menjadi lemot. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu tidak perlu menyimpan banyak data. Namun, jika ingin menyimpan data-data yang penting dan ukurannya cukup besar, maka sebaiknya tambahkan kartu memori pada smartphone kamu untuk menyimpan data-data tersebut.

Gunakan Aplikasi Serbaguna

Cara yang kedua ialah dengan menggunakan aplikasi serbaguna, agar ruang memori internal HP kamu tidak dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi, yang sebenarnya bisa dikurangi dengan adanya aplikasi serbaguna.

Misalnya saja seperti Apps2SD dan clean master yang mencangkup banyak fungsi seperti partisi SD card, back up aplikasi, link aplikasi ke memori card, dan lain sebagainya (jika belum di root).

Selain itu juga, kamu cukup menginstall satu saja aplikasi anti virus, karena sebenarnya aplikasi anti virus itu sama dengan aplikasi bawaan sistem yang terus berjalan di background, sehingga akan membuat RAM HP kamu boros dan akhirnya performa ponsel menjadi lemot.

3. Gunakan Fitur Auto Kill

Cara yang ketiga ialah dengan menggunakan fitur auto kill, yang akan membuat aplikasi lainnya tidak dapat berjalan di background yang dapat membuat HP kamu menjadi lemot.

Selain itu, kamu bisa mengurangi penggunaan aplikasi gratis pada HP yang biasanya mengandung banyak iklan, sehingga dapat membuat HP semakin lemot.

Sebaiknya, mulai beralih ke aplikasi berbayar untuk mengurangi tampilan iklan yang membuat kuota kamu cepat habis dan performa HP menjadi lambat.

4. Selalu Update Software

Cara mengatasi HP lemot yang selanjutnya ialah dengan selalu melakukan update atau upgrade software ketika telah muncul pemberitahuan atau notifikasi untuk melaksanakan pembaruan software.

Hal ini bertujuan agar dapat segera memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem sebelumnya sehingga akan memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu juga, untuk dapat mengatasi HP lemot, saya sarankan agar kamu mengurangi penggunaan widget, karena meskipun membuat tampilan HP menjadi lebih menarik, hal ini malah akan menyita konsumsi RAM dan akhirnya membuat HP menjadi lemot.

5. Hapus Aplikasi yang tidak terpakai

Hapus dan hentikan semua aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi yang tidak berguna akan menyita ruang penyimpanan, hal ini mempengaruhi performa HP yang semakin melambat.

Nah, untuk mengatasinya kamu hanya tinggal masuk ke layanan setting-Apps, lalu pada tab running carilah aplikasi yang tidak kamu butuhkan dan pilih disable.

Baca juga : Aplikasi android paling berguna

Bagi kamu yang ingin bekerja sebagai ojol (ojek online), cukup instal satu aplikasi saja. Misalnya daftar gojek, pasang aplikasi gojek saja. Jika dikemudian hari ingin menjadi driver ojek lain, baru instal aplikasi lain sesuai yang dibutuhkan.

6. Matikan Animasi

Cara mengatasi HP lemot yang berikutnya ialah dengan mengurangi bahkan mematikan animasi yang bisa mencuri ruang penyimpanan RAM.

Nah, untuk mengurangi atau mematikan animasi di smartphone, kamu hanya perlu masuk ke layanan setting – developer options kemudian ubah nilai windows animation scale, transition animation scale, serta animator duration scale ke nilai paling kecil atau mungkin dibuat off sekalian.

7. Bersihkan Cache Data

Cache ialah sebuah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan.

Dengan adanya cache ini, maka kamu dapat dengan mudah membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, cache yang di biarkan menumpuk akan membuat HP menjadi lemot.

Nah untuk membersihkan aplikasi data, kamu hanya perlu membuka menu setting-apps-all, lalu cari aplikasi yang akan di bersihkan cache-nya dan pilih clear cache. Sedangkan jika ingin membersihkan cache partition, kamu cukup membuka recovery mode, lalu pilih wipe cache partition.

8. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP lemot yang terakhir ialah dengan melakukan factory reset dan menggunakan custom ROM. Mungkin kamu sudah pernah melakukan factory reset di saat android kamu mengalami masalah yang serius saja, padahal factory reset ini di rekomendasikan untuk dilakukan secara berkala untuk membersihkan semua data yang menumpuk.

Caranya cukup sederhana kamu hanya tinggal masuk ke menu settings-backup & reset dan pilih factory data reset.

Nah, demikianlah cara mengatasi HP lemot yang dapat kamu coba agar performa HP kamu kembali maksimal lagi.

Leave a Comment