Cara Merawat Baterai Laptop

Cara merawat baterai laptop penting untuk kamu ketahui supaya masa pakai baterai laptop awet atau tahan lama dan usia baterai bisa sampai hingga bertahun tahun.

Seperti kita ketahui, baterai adalah komponen utama pada laptop yang berguna sebagai sumber daya. Umumnya usia pakai baterai laptop yakni 2 hingga 4 tahun dengan penggunaan secara normal.

Aktivitas kinerja yang tinggi tentunya akan memakan daya lebih kuat juga. Biasanya masalah pada baterai adalah adanya kebocoran sehingga baterai tidak bisa bertahan normal. Oleh karena itu penting untuk tahu cara merawat baterai laptop agar tahan lama, berikut penjelasannya:

1. Hindari Baterai 0%

Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan usia baterai tidak tahan lama adalah menggunakannya hingga baterai habis 0%.

Padahal baterai yang digunakan hingga habis justru memiliki usia pakai yang lebih singkat dibanding baterai yang di-charge sebelum habis.

Oleh karena itu, baiknya kamu tidak mengabaikan notifikasi pengingat baterai sudah mau habis yang muncul saat baterai sudah 20%, segera charge baterai hingga penuh baru gunakan kembali.

2. Hentikan Charge Saat 100%

Apabila baterai sudah hampir habis segera charge laptop kamu dan biarkan hingga terisi penuh 100%. Saat sudah 100% segera cabut charge.

Membiarkan laptop terus di-charge saat sudah terisi daya hingga 100% akan merusak komponen di dalam baterai. Maka, hindari charge laptop saat tidur semalaman atau saat bepergian dalam waktu lama.

3. Gunakan Charger Original

Laptop yang baru kamu beli tentunya dilengkapi dengan charger bawaan pabrik. Hanya gunakanlah charger tersebut untuk mengisi daya laptop kamu.

Jangan coba gunakan charger murahan atau barang palsu meskipun harganya lebih murah. Karena tidak menggunakan charger original akan membuat baterai cepat rusak.

Baca juga : Tips membeli laptop baru dan seken

4. Jaga Laptop Agar Tidak Panas

Hal yang kerap terjadi saat menggunakan laptop adalah suhu laptop yang mendadak panas atau overheat. Biasanya hal ini terjadi karena suhu ruangan yang panas.

Usahakan menggunakan laptop pada suhu ruangan yang tepat, gunakan pendingin ruangan seperti AC atau menggantinya dengan kipas.

Jangan meletakkan laptop di atas kasur atau bantal saat digunakan, karena material kasur dan bantal sifatnya menyerap panas, sehingga bisa membuat laptop justru semakin panas.

5. Aktifkan Mode Power Saver

Kebanyakan laptop Windows dilengkapi dengan fitur mode power saver. Kamu bisa mengaturnya pada laptop melalui Panel Control atau klik icon baterai pada Taskbar, dan pilih mode Power Saver.

Fitur mode Power Saver ini dapat kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai baterai saat kamu menggunakan laptop, khususnya saat daya baterai dalam keadaan kritis.

6. Tutup Aplikasi Tidak Diperlukan

Memang menyenangkan dan memudahkan pekerjaan saat kita bisa membuka berbagai aplikasi di laptop.

Tetapi membuka banyak aplikasi apalagi yang tidak benar benar kamu perlukan justru hanya akan menghabiskan daya baterai laptop lebih cepat. Maka baiknya, tutup aplikasi yang tidak diperlukan supaya daya baterai tidak terkuras dengan cepat.

7. Atur Cahaya Rendah

Selain suhu yang terlalu panas, laptop dengan cahaya yang terlalu terang juga dapat menguras daya lebih banyak.

Baiknya, atur cahaya rendah atau tidak terlalu terang saat kamu menggunakan laptop supaya baterai awet lebih lama. Kamu bisa mengaturnya pada tools Brighteness atau langsung pada shortcut di tombol F5.

Baca juga : Cara melihat tipe laptop dengan akurat

8. Menggunakan Cooling Pad

Sebagai cara membantu supaya laptop tidak terlalu panas atau overheat adalah dengan mengatur suhu ruangan dengan tepat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cooling pad saat laptop menyala. Cooling pad atau pendingin yang ditempatkan pada bagian bawah laptop ini berfungsi supaya suhu laptop tetap stabil.

Laptop dalam kondisi dingin akan membantu kinerja laptop tetap normal dan akan membuat performa baterai tidak cepat terkuras.

Baterai adalah komponen utama pada laptop yang berguna sebagai sumber daya. Aktfitas kinerja yang tinggi akan memakan daya lebih kuat.

Supaya kamu tetap bisa menggunakan laptop dengan mobilitas tinggi, baiknya perhatikan cara merawat baterai laptop agar tahan lama seperti penjelasan di atas.