Cara Pesan Grab

Hampir semua kota di Indonesia kini sudah dijangkau oleh layanan ojek online, contohnya kamu bisa melihat langsung adanya Grab dan Go-Jek yang memiliki jaringan paling luas serta paling banyak pemakainya di tanah air. Di kota manapun kamu tinggal, mungkin kamu sudah terbiasa melihat driver Go-Jek atau Grab berseliweran karena begitu banyak yang memakai jasanya.

Awalnya Go-Jek yang memulai dan mempopulerkan ojek online di Indonesia, berkaca dari kesuksesannya, akhirya aplikator dari Singapura, Grab juga mengembangkan aplikasi yang sama di Indonesia dan kini keduanya dikenal hampir seluruh masyarakat karena layanan variatif dan kemudahan akses yang ditawarkannya.

Bicara tentang akses yang ditawarkan aplikasi ojek onliine, memang terbukti mudah dipakai oleh siapa saja asalkan mempunyai alat untuk mengaksesnya, yaitu handphone android atau smartphone dan koneksi internet.

Ojek online yang menurut saya paling memuaskan adalah Grab, kamu bisa mendapatkan layanan yang lengkap dan hemat, mulai dari transportasi, pesan makanan, pembelian pulsa, hingga antar barang.

Jika minat menjadi mitra atau driver grab, kamu bisa baca artikel tentang cara daftar grab beserta syarat-syaratnya di halaman ini “Daftar grab“.

Buat kamu yang minat pakai Grab tapi belum menguasai caranya, kali ini saya bahas lengkap tentang cara pesan Grab, sebagai acuan supaya kamu terbantu disepanjang aktivitas harianmu. Berikut ulasan selengkapnya.

Syarat Memakai Grab

Sebelum memahami cara pesan Grab, kamu perlu paham dulu apa saja syaratnya supaya kamu bisa pakai Grab di bawah ini :

  1. Syarat memakai Grab yang pertama adalah kamu harus menginstal aplikasinya di handphonemu, tentunya harus ponsel pintar atau smartphone ya, ponsel jadulmu sementara lupain dulu hehehe.

    Kamu bisa download aplikasi Grab di playstore atau appstore, sekalian juga instal aplikasi pendingin hp, biar ponselmu tidak cepat panas.
  2. Setelah menginstal, kamu juga wajib mendaftar dulu, masukkan nomor ponsel yang aktif, kamu akan mendapat kode verifikasi melalui SMS, kode tersebut bisa kamu masukkan dan akunmu langsung jadi serta bisa langsung dipakai saat itu juga.
  3. Syarat memakai Grab selanjutnya yang tak kalah penting yaitu fitur GPS, aktifkan GPS di handphonemu sebab cara pesan Grab apapun jenis layanannya berhubungan langsung sama sistem GPS ini.
  4. Nah, sudah lengkap semua ketiga syarat di atas? Tinggal syarat memakai Grab yang terakhir yaitu uang. Jelas layanan yang ditawarkan Grab tidak gratis karena memang bukan punya nenek moyang kamu ya hehehe, tiap layanan yang kamu pilih akan dikenai biaya, kamu bisa bayar pakai uang tunai ataupun memakai OVO.

Selanjutnya kamu bisa mempraktikkan cara pesan Grab baik itu GrabCar, GrabFood, GrabExpress, dan sebagainya. Saya bahas lengkap buat kamu.

Cara Pesan GrabCar

Salah satu layanan yang dimiliki Grab ialah GrabCar, memesan layanan ini membuat kamu bisa merasakan layaknya menaiki mobil pribadi. Grab juga menerapkan aturan yang ketat dalam pemilihan kendaraan, umumnya yang digunakan ialah sekelas Avanza, Xenia, Kijang Innova, Grand Livina, dan kendaraan beroda empat lain yang memiliki spesifikasi menengah. Tahun keluaran mobil juga disaring untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Kamu bisa 24 jam memakai layanan GrabCar ini, di bawah ini langkah cara pesan GrabCar yang bisa kamu praktikkan.

  1. Buka aplikasi Grab mu dan pilih layanan GrabCar yang ada ikon bergambar mobil.
  2. Masukkan lokasi penjemputan di kolom “pick up”, ketik detail alamat kamu agar driver bisa menjemput di lokasi yang tepat.
  3. Di kolom “i’m going to”, masukkan tujuan bepergianmu yaitu kemana kamu ingin pergi.
  4. Selanjutnya kamu akan diberi pilihan untuk layanna GrabCar, ada pilihan kendaraan beroda empat untuk 4 orang atau 6 orang. Di bawahnya juga ditampilkan rincian biaya sesuai kapasitas kendaraan yang kamu pilih, jadi kamu bisa siapkan uangnya baik itu tunai ataupun dengan OVO.
  5. Kamu juga bisa memasukkan “kode promo” untuk mendapat diskon atau memberi informasi alamat lebih lengkap di kolom “notes to driver”, misalnya memberi ancer-ancer supaya driver lebih mudah nemuin alamatmu. Untuk kode promo biasanya ada info dari Grab tentang diskon apa saja yang diberikan untuk penggunanya.
  6. Kalau sudah sesuai, pilih “’book”, maka aplikasi segera mencarikan driver yang lokasinya terdekat darimu.
  7. Grab akan menampilkan informasi tentang driver yang kamu dapat secara detail mulai dari foto, nomor kendaraan, juga nomor telepon.
  8. Terakhir kamu bisa menghubungi driver lewat pesan untuk memastikan driver sudah paham alamat penjemputan serta ordermu.

Cara pesan Grab yang berhubungan dengan GrabCar ada pula GrabTaxi. GrabTaxi ini hanya ada beberapa di kota besar yang memiliki jaringan taxi konvensional. Kedua layanan ini walaupun sama-sama memakai mobil, namun beda ya guyz, GrabCar memakai moil pribadi berplat hitam yang disewakan online, sedangkan GrabTaxi memakai mobil milik taxi konvensional.

Jadi kalau kamu pesan GrabTaxi, ordermu akan diteruskan ke taxi konvensional yang ada di kotamu, tarifnya juga akan tercantum perkiraannya sesuai dengan jarak dan waktu tempuh. Cara pesannya sama ya, kamu tinggal pilih menu GrabTaxi di halaman utama.

Cara Pesan GrabBike

Cara pesan GrabBike hampir sama seperti layanan GrabCar, hanya saja di awal pemesanan kamu tinggal memilih menu GrabBike yang bergambar motor. Cara memasukkan alamat penjemputan, pengantaran, rincian biaya, hingga informasi tentang driver sama seperti apa yang ada di layanan GrabCar.

Cara Pesan GrabExpress

GrabExpress adalah layanan sejenis delivery atau pengantaran barang, kamu bisa mengirim barang dengan cepat, berikut langkahnya buat kamu yang ingin memakai layanan GrabExpress.

  1. Cara pesan GrabExpress diawali dari menu utama, pilih menu “delivery”, konsepnya hampir sama seperti layanan transportasi, kamu cukup memasukkan alamat pengambilan dan pengiriman barang.
  2. Kalau sudah sesuai, tinggal pilih menu ‘book” dan Grab akan menampilkan informasi tentang driver yang mengirim barangmu.
  3. Pembayaran bisa kamu lakukan secara tunai atau dengan OVO.

Pesan GrabFood

Layanan Grab yang juga populer yaitu GrabFood, kamu bisa memesan makanan dan minuman di berbagai penjual makanan yang mendaftar di Grab. Cara pesan GrabFood bisa kamu mulai dengan langkah berikut :

  1. Pilih menu “food”, ketik nama makanan atau nama Restoran yang kamu inginkan.
  2. Di dalamnya sudah ada daftar menu dan harganya, kamu pilih saja apa yang kamu mau, selanjutnya akan muncul tarif makanan dan biaya pengantarannya.
  3. Jangan lupa masukkan alamat pengantaran atau lokasimu yang jelas ya, supaya orderanmu sampai dengan tepat dan cepat di tanganmu.

Layanan Grab Lainnya

Selain layanan di atas yang penulis ulas, sebenarnya masih ada layanan Grab lain, seperti GrabPulsa, Hotel, Tagihan, dan Tickets. Layanan Grab lainnya tersebut bisa kamu pesan dengan mudah karena tinggal memasukkan pilihan dan tidak perlu memasukkan alamat.

Misalnya cara pesan GrabPulsa, kamu tinggal pilih saja nominal berapa yang kamu inginkan dan bayar langsung. Begitu juga dengan layanan tagihan atau tickets.

Untuk layanan Grab lainnya ini harus dibayar via OVO ya guys, karena memang bisa kamu nikmati langsung tanpa perantara dari driver Grab. Jadi kamu cukup isi saldo OVOmu sesuai tarif layanan yang ingin kamu dapat.

Leave a Comment