Jenis Kertas Undangan yang Paling Banyak Digunakan saat ini

Zaman now memesan undangan dapat dilakukan secara online. Kamu bisa memilih secara langsung bermacam jenis kertas undangan yang dipajang di halaman website maupun medsos penjedia jasa design.

Karena dipesan secara online, tentu tidak bisa dinilai, apakah kualitas kertas yang digunakan bagus atau tidak.

Agar kamu tidak salah memilih kertas undangan, kenali jenis – jenis kertas berikut.

Berbagai macam jenis kertas undangan

1. Kertas Linen (Buffalo)

Selain untuk membuat kartu nama, kertas jenis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat undangan. Harganya yang cukup terjangkau, membuat kertas Linen menjadi salah satu pilihan utama para konsumen.

Ciri-ciri kertas Linen adalah memiliki tekstur yang kasar, dan permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis. Kertas ini juga fleksibel, sehingga mudah dicetak secara manual maupun digital.

Supaya hasilnya maksimal, harus digunakan tinta yang memiliki tingkat kekentalan cukup, agar menghasilkan cetakan yang dapat menutup sempurna. Kertas Linen selain digunakan untuk membuata undangan, biasanya juga digunakan untuk membuat sertifikat dan pencetakan foto.

Kertas Linen atau kertas Buffalo memiliki beberapa varian warna, dan terdiri dari beberapa gramasi, yaitu mulai dari 150 gr, hingga 250 gr.

2. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine adalah salah satu jenis kertas yang sering digunakan untuk bahan membuat undangan, harganya memang tergolong lebih mahal dari jenis kertas undangan lain, namun tampilannya eksklusif dan menawan.

Jenis kertas undangan ini bertekstur kasar, dengan gliter-gliter silver dan gold di kedua sisinya, inilah yang membuat kertas Jasmine terlihat elegan ketika digunakan untuk kertas undangan. Kertas Jasmine memiliki beberapa pilihan warna dan tingkat gramasi (ketebalan).

Namun kertas jenis ini memiliki kelemahan, karena proses cetak pada kertas Jasmine cukup merepotkan. Mengapa ? Karena gliter-gliter pada kertas Jasmine akan menempel pada karet blanket mesin cetak, sehingga tinta tidak dapat terserap sempurna di permukaan kertas, dan warna yang dihasilkan akan pudar.

Namun jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan cara menambah ketebalan tinta pada mesin cetak.

3. Kertas Art Paper

Kertas jenis ini memiliki ciri permukaan yang halus dan memiliki efek glossy (mengkilap). Selain digunakan untuk membuat undangan, kertas Art Paper juga biasanya digunakan untuk membuat kalender gantung, brosur, poster, flyer, serta sampul dan isi majalah.

Kertas Art Paper biasanya digunakan sebagai hard cover atau pelapis luar undangan, namun juga dapat digunakan untuk isinya. Varian gramasi kertas Art Paper adalah 85 gr, 100 gr, 120 gr, serta 150 gr.

4. Kertas Art Carton

Karakteristik kertas Art Carton hampir sama dengan kertas Art Paper, yang membedakan hanyalah tingkat ketebalannya. Kertas Art Carton memiliki gramasi atau tingkat ketebalan mulai dari 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, hingga 400 gr.

Banyak vendor pencetakan undangan yang menggunakan kertas Art Carton sebagai bahan membuat undangan, karena harganya yang relatif murah, hingga bahan kertas yang mudah dikombinasikan dengan bahan lainnya. Agar lebih unik dan menarik, kertas Art Carton dapat dilapisi dengan laminasi doff, dan glossy sehingga membuat kesan eksklusif.

5. Kertas Matt Paper

Kertas Matt Paper memiliki fungsi yang sama dengan kertas Art Paper, yaitu sama-sama digunakan untuk bahan pembuatan undangan. Namun ada perbedaan mendasar pada karakteristik permukaan kertasnya, yakni kertas Matt Paper tidak mengkilap (glossy), dan lebih menyerap tinta. Sehingga kertas Matt Paper lebih sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan.

6. Kertas Ivory

Kertas Ivory memiliki ciri permukaan kertas yang mengkilap, serta dasar doff pada sisi lainnya, sehingga kertas Ivory sangat bagus digunakan sebagai bahan membuat undangan, apalagi jika dipadukan dengan desain yang unik. Gramasi kertas Ivory yaitu 210 gr, 250gr, 300 gr, 350 gr, hingga 400 gr.

7. Kertas Samson Kraft

Kesan pertama yang akan didapatkan ketika melihat kertas Samson Kraft adalah klasik dan sederhana. Kertas Samson Kraft memiliki permukaan yang cukup kasar, namun tidak bertekstur. Jenis kertas undangan ini adalah kertas hasil daur ulang.

Dengan warna coklatnya, yang memberi kesan vintage pada kertas Samson Kraft, kamu dapat mengaplikasikan desain undangan bergaya masa lampau.

Seperti gulungan dokumen kuno yang dulu dipakai pada masa kerajaan, sebagai titah dari raja atau gulungan surat masa kerajaan kuno. Kertas Samson Kraft memiliki 2 gramasi yaitu tipis dan tebal.

8. Kertas Concorde

Ciri khas kertas Concorde adalah permukaannya yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Selain digunakan untuk bahan membuat undangan, kertas Concorde juga biasa digunakan untuk kop surat atau amplop, kartu nama, dan sertifikat.

Kertas Concorde memiliki beberapa pilihan warna, dan 2 gramasi yaitu tipis (120 gr), dan tebal (250 gr).

Kertas Concorde tebal biasanya dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan satu warna cetak saja (hitam atau putih), sehingga memberikan kesan romantis.

Namun kertas jenis ini memiliki kelemahan, Concorde tebal jika terlipat akan menyisakan luka seperti patah-patah pada teksturnya.

9. Kertas BC (Brief Card)

Kertas BC atau biasa yang kita dengar dengan sebutan kertas manila, memiliki banyak pilihan warna, yaitu hijau, merah, biru, kuning, dan putih. Kertas BC awalnya digunakan sebagai kertas cetakan di sekolah-sekolah, dan kantor-kantor pemerintah maupun swasta.

Namun saat ini, kertas BC juga digunakan sebagai bahan dasar undangan. Meskipun undangan yang menggunakan kertas ini tergolong kategori undangan murah, namun jika di desain dengan bagus, maka undangan berbahan dasar kertas BC ini akan memiliki nilai jual tinggi.

10. Kertas BW (Blues white)

Tekstur kertas BW hampir mirip dengan kertas BC, bahkan ketebalannya pun hampir sama yaitu antara 220 hingga 250 gr. Ada 2 jenis kertas BW yang biasa dipakai sebagai bahan undangan, yaitu kertas BW lokal dan kertas BW import.

Kertas BW import lebih mahal dibandingkan kertas BW lokal, sehingga mempengaruhi hasil cetakan. Hasil cetakan kertas BW import menampilkan warna tinta yang lebih solid dan tajam, sementara kertas BW lokal menghasilkan warna cetakan pudar. Sebab itulah kertas BW import lebih banyak dipilih sebagai bahan undangan.

11. Kertas Hawai

Kertas Hawai memiliki beberapa pilihan warna, namun yang paling sering dipakai untuk bahan membuat undangan adalah warna merah marun dan biru dongker, karena dinilai memiliki warna yang mempunyai karakter.

Kertas Hawai memiliki tekstur yang kasar, ketika permukaannya diraba akan terasa lekukan-lekukan kecil beraturan. Supaya hasil cetak yang dihasilkan bagus pada kertas Hawai, biasanya immpresion pada mesin cetak ditambah, agar warna yang dihasilkan lebih solid, dan hasil cetak lebih berkualitas.

12. Kertas Aster

Kertas Aster termasuk kategori kertas dengan harga mahal, namun kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kertas Aster memiliki tekstur dan permukaan yang halus, serta memiliki beragam pilihan warna.

Kertas jenis ini sangat cocok untuk membuat undangan pernikahan eksklusif. Selain digunakan untuk membuat undangan, kertas Aster juga sering digunakan untuk membuat piagam penghargaan, sertifikat (ukuran kertas a4), dan kartu nama.

13. Kertas Akasia

Kertas Akasia memiliki teksur seperti kain, dengan garis-garis seperti membentuk sebuah tenunan. Untuk pencetakan pada kertas Akasia, hindarilah mencetak dengan warna blok karena biasanya meninggalkan debu seperti pasir akibat potongan kertas, sehingga warna yang dihasilkan akan terlihat seperti bolong-bolong tidak solid.

Namun kertas Akasia ketika digunakan untuk membuat undangan akan memberikan kesan mewah dan sangat menarik. Kertas Akasia selain digunakan untuk membuat undangan, juga biasa digunakan untuk membuat piagam, sertifikat, hingga mencetak foto.

Jika undangan sudah jadi, jangan lupa meminta file mentah atau softcopy design undangan. Design ini bisa kamu upload di media sosial untuk undangan secara umum.

Dulu sih.. masih manual, dengan cara scan dokumen, kemudian upload. Tapi sekarang, cukup jadikan design undangan file .JPG (gambar), kemudian upload.

Demikian informasi seputar jenis kertas undangan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment