Jenis Kertas: Ukuran, Deskripsi, Kegunaan dan Contohnya

Kertas merupakan bahan tipis yang dihasilkan melalui proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp (pemisah serat dari bahan baku berserat melalui proses pembuatannya). Kertas telah menggantikan kain, batu, tulang, serta daun, yang digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu dalam mendokumentasikan tulisannya

Kertas telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, baik dalam kebutuhan belajar mengajar, parkir kendaraan, masuk jalan tol, saat belanja, bayar tagihan, ATM, hingga untuk membungkus makanan, semua menggunakan kertas yang telah disesuaikan dengan jenis kertas masing-masing kebutuhan.

Kertas merupakan salah satu produk penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam aktivitas kerja. Perkembangan teknologi dan juga ide kreatif telah menghadirkan semakin banyak jenis kertas dalam mendukung beragam kegiatan. Kehadiran kertas dari zaman ke zaman, akan tetap menjadi primadona, karena hampir setiap hari aktivitas anda akan selalu membutuhkan kertas.

Jenis-Jenis Kertas

Sebagian dari anda mungkin ada yang belum tahu dan paham mengenai jenis kertas, kegunaan, serta ukurannya masing-masing. Berikut ini jenis-jenis kertas beserta ukuran dan kegunaannya.

1. Kertas HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas tulis yang bebas dari serat kayu, yang terbuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin yaitu perekat antar serat di dalam pohon, sehingga tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan apabila diletakkan dibawah sinar matahari ataupun sinar lampu.

Kertas HVS memiliki tekstur yang agak kasar, sehingga biasanya digunakan untuk kertas fotocopy atau printer deskjet.

Jenis kertas hvs

Kertas HVS banyak dijual di toko buku, percetakan dan fotocopy dengan gramasi (berat kertas) 70gr, 80gr, dan 100gr. Sedangkan ukuran kertasnya ada yang A4 hingga A0, kertas F4, folio, Q4, serta HVS A3 70gr.

Kertas HVS banyak digunakan untuk membuat surat-surat resmi seperti surat tugas, surat dinas, surat kehilangan, surat perjanjian dan surat undangan.

2. Kertas Kalkir

Kertas kalkir hampir sama dengan kertas HVS, hanya saja kertas kalkir tidak berwarna putih, melainkan berwarna lebih gelap dan terlihat transparan seperti terkena tumpahan minyak. Kertas kalkir biasa digunakan sebagai media sablon.

3. Art paper

Kertas jenis ini memiliki permukaan yang licin dan juga mengkilap. Kertas ini tidak cocok untuk keperluan tulis menulis, karena daya serap kertas terhadap tinta sangat lambat, sehingga tinta pulpen akan sulit kering.

Kertas art paper digunakan untuk cetakan yang sifatnya promosional dan berukuran kecil, seperti kartu nama, kartu undangan, brosur, katalog, cover buku dan majalah, serta kalender.

Gramasi kertas art paper yang banyak digunakan mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, hingga 150gr.

4. Kertas Art Karton

Kertas jenis ini hampir mirip dengan kertas art paper, berwarna putih, bertekstur halus, licin, mengkilap, namun lebih tebal dari pada kertas art paper.

Kertas jenis ini biasa digunakan untuk cover buku, cover majalah, poster, sertifikat, box produk, undangan, kartu nama, katalog, brosur, serta produk cetak lain yang membutuhkan kertas yang agak tebal.

Gramasi yang umumnya digunakan adalah, 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 360gr.

5. Ivory Paper

Kertas ivory memiliki tekstur yang hampir sama dengan kertas art karton, halus, mengkilap, berwarna putih, namun hanya memiliki satu sisi licin, sedang sisi yang lain tanpa coating.

Kertas ivory biasa digunakan untuk paperbag, dos kosmetik, kemasan produk makanan seperti box kebab dan paper tray, buku agenda serta poster.

Gramasi kertas ivory adalah 210gr, 230gr, 250gr, 310gr, dan 400gr.

6. Fancy paper

Fancy paper adalah kertas yang memiliki berbagai karakteristik dan warna. Menurut corak dan ciri fisiknya, kertas ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu fancy paper polos, fancy paper tekstur, dan fancy paper vanguard.

Kertas fancy paper biasanya digunakan untuk membuat undangan, kartu ucapan, paper cutting, scrap book, kerajinan tangan, prakarya sekolah, arsitektur, maket hias interior, serta contoh material desain grafis.

Gramasinya juga banyak, mulai dari 80gr, 100gr, 220gr, hingga 300gr.

7. Kertas Jasmine

Kertas jasmine memiliki ciri berteksur halus, mengkilap, licin, serta terdapat butiran gliter dipermukaannya, sehingga kertas jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan dan kartu ucapan, karena akan terlihat cantik dan mewah, dengan berbagai pilihan warna.

Sedangkan gramasi kertas jasmine hanya ada 2 yaitu tipis dan tebal.

8. Kertas BW/BC/Manila

Kertas ini adalah jenis kertas bertekstur halus pada permukaannya, dengan berbagai varian warna. Kertas BW (blues white) memiliki beberapa nama lain, yaitu kertas BC atau kertas manila.

Jenis kertas ini biasa digunakan untuk membuat kalender, kartu nama, kartu stok barang, dan juga stofmap. Gramasi kertas yang banyak digunakan adalah 160gr, 220gr, 250gr.

9. Kertas Concorde

Kertas concorde bertekstur lembut saat dipegang serta memiliki banyak pilihan warna, sehingga kertas jenis ini biasanya digunakan untuk kartu nama, booklet, sertifikat, dan piagam.

Kertas concorde memiliki beberapa gramasi yaitu, 160gr, 220gr, dan 250gr.

10. Kertas NCR

Kertas jenis ini bertekstur halus, tipis, serta memiliki partikel karbon. Kertas NCR mudah ditulis serta dapat dicopy pada kertas halaman kedua, karena ada partikel karbonnya.

Kertas NCR biasa digunakan dalam pembuatan nota, kwitansi, serta bukti transaksi lainnya, karena kertas jenis ini berfungsi untuk menyalin dokumen menjadi beberapa rangkap, sehingga fungsi kertas ini untuk menggantikan kertas karbon.

11. Kertas Duplex

Kertas jenis ini memiliki 2 varian warna, ada yang berwarna putih dengan sisi yang satunya berwarna abu-abu, ada juga yang berwarna putih di kedua sisinya.

Kertas ini sangat mudah dikenali, karena sering digunakan untuk pembuatan dos packaging makanan, seperti kemasan nasi kotak, kotak kue, dan kemasan obat-obatan.

Gramasi kertas duplex adalah 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, 350gr, dan 400gr.

12. Samson Paper

Kertas samson adalah kertas yang dibuat dari hasil daur ulang dan permukaannya kasar, kertas ini berwarna cokelat. Kertas ini mudah didapatkan di toko alat-alat tulis dan fotocopy, biasanya digunakan untuk paperbag dan amplop surat.

Gramasi kertas samson adalah 70gr, 80gr, 150gr, dan 220gr.

13. Corugated Paper

Kertas corugated adalah jenis kertas bergelombang, bentuknya sangat mirip dengan kardus, namun memiliki ketebalan yang lebih tipis, dan hanya memiliki satu warna saja yaitu cokelat muda, sehingga agak sulit untuk dikreasikan.

Kertas jenis ini biasa digunakan untuk dos packer, seperti dos computer, dos mie instant, serta undangan eksklusif untuk berbagai acara formal.

14. Board Paper

Board paper adalah jenis kertas yang tebal dan sangat kaku, termasuk jenis kertas karton namun tingkat ketebalannya bervariasi mulai dari 0,4 mm hingga 4,3 mm.

Kertas ini biasa digunakan untuk bahan cover buku, undangan hard cover, serta papan pengumuman di sekolah atau dikantor.

15. Kertas Buffalo

Kertas ini memiliki ciri halus, tebal, licin, dan bertekstur seperti guratan kayu, serta memiliki banyak varian warna. Kertas buffalo biasanya digunakan untuk cover buku, cover jilid, agenda, map, kartu iuran, dan nota, karena gramasinya yang cukup tebal, yaitu 220gr dan 250gr.

16. Kertas Linen Jepang

Kertas ini berciri hampir sama dengan kertas buffalo, yakni halus, licin, sedikit memiliki varian warna, serta memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan.

Karena memiliki gramasi yang tebal yaitu 220gr hingga 250gr, kertas jenis ini banyak digunakan untuk sertifikat, dan kartu nama.

17. Kertas Stiker Vinyl Glossy

Kertas jenis ini memiliki tekstur yang licin, halus, mengkilap, lentur, dan mempunyai lapisan lem pada bagian belakang. Kertas jenis ini biasa digunakan dalam otomotif, karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan seperti kertas pada umumnya, sehingga biasa dipakai pada bagian helm, motor, mobil, dan lainnya.

18. Kertas Stiker Cromo

Kertas jenis ini memiliki tekstur yang halus, licin, mengkilap, serta memiliki lem pada permukaan belakang. Kertas stiker cromo biasa digunakan sebagai media promosi yang ditempel pada tempat-tempat tertentu.

Demikian informasi tentang jenis – jenis kertas sesuai dengan ukuran dan kegunaanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment