Kertas Stiker Berkualitas yang sering digunakan saat ini

Hampir setiap hari kita menemui berbagai macam kertas stiker pada aneka produk kebutuhan sehari-hari. Stiker digunakan oleh pelaku usaha ataupun NGO (Non Governmental Organization) sebagai media promosi offline yang efektif dan efisien.

Saat ini stiker sangat penting bagi sebuah produk, karena produk yang ditempeli stiker akan terlihat lebih berkualitas dan dipercaya oleh konsumen.

Banyak juga yang menggunakan stiker hanya sekedar untuk menyalurkan hobi atau berkreasi, seperti stiker untuk aksesoris kendaraan, penanda, dan barcode.

Jenis Jenis Kertas Stiker

Jenis Tahan Air

Jenis yang tahan air biasanya digunakan oleh para komunitas-komunitas yang suka bepergian atau touring bersama untuk membuat logo-logo, agar stiker yang digunakan tahan dari cuaca panas maupun hujan.

1. Kertas stiker Yupo (metalic silver)

Metalic silver ini terbuat dari bahan baku sintetis, sehingga sangat tahan air, minyak, ataupun bahan kimia lainnya. Yupo sangat cocok digunakan untuk membuat stiker bagi aktivitas diluar. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat stiker barcode, label, ataupun brosur.

2. Kertas stiker Vinyl

Kertas Vinyl memiliki ciri permukaan glossy serta bertekstur plastik yang lentur. Daya tahan kertas Vinyl terhadap cuaca panas dan airpun sangat baik, sehingga sangat cocok digunakan bagi kamu yang suka bepergian dalam segala cuaca dan kondisi.

Biasanya stiker berbahan dasar Vinyl ini digunakan sebagai media promosi produk dan brand, dengan memasang stiker di kaca belakang mobil. Untuk proses pencetakan kertas Vinyl tidak dapat menggunakan printer Inkjet biasa, tetapi harus menggunakan Laser Printer.

3. Kertas stiker Chrome

Bagi seorang anak motor pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas yang satu ini. Kertas stiker Chrome sering dimanfaatkan untuk melapisi kendaraan bermotor, agar body motor tidak mengalami lecet parah ketika tergores.

Kertas jenis ini memiliki lapisan glitter yang berkilau serta beragam jenis warna yang menarik, sehingga membuat body motor terlihat mengkilap. Selain itu, stiker Chrome juga biasa digunakan untuk membuat stiker logo dan nama brand.

4. Kertas stiker Gold Foil

Nama lain dari kertas ini adalah kertas Gold Leaf (kertas emas), memiliki ciri berbentuk pigmen tipis dan kuat. Jenis ini tidak memiliki perekat seperti stiker yang lain, sehingga cara menggunakannya dengan merekatkan Gold Foil kepada objek yang akan ditempel dengan menggunakan lem khusus.

Tujuan dari penggunaan stiker Gold Foil adalah agar objek yang ditempel memiliki aksen keemasan. Stiker Gold Foil biasanya digunakan untuk ditempel pada kubah Masjid, kaligrafi, ukiran kayu, daun pintu, plafond, genteng rumah, tembok gypsum, lesplang, dan lain-lain.

Kertas Stiker Jenis Biasa dan Tidak Tahan Air

Stiker jenis ini memiliki bahan yang biasa dan tidak anti air, sehingga harganya tidak terlalu mahal.

1. Kertas stiker Chromo

Jenis stiker ini berbahan licin, dan memiliki kelemahan bila terkena air hujan maka warna dan gambarnya akan mudah luntur. Sehingga stiker Chromo cocok digunakan untuk indoor.

Namun stiker Chromo memiliki daya rekat yang tinggi, dan sangat baik digunakan untuk dicetak separasi, sehingga biasa digunakan untuk label botol, promosi, dan juga banyak digunakan untuk stiker pilkada.

2. Kertas stiker Bontax

Bontax memiliki tekstur seperti biasa, namun stiker jenis ini memiliki daya rekat yang tinggi, sehingga biasa digunakan pada berbagai macam kemasan produk.

Kertas ini dicetak dengan menggunakan printer Inkjet, dengan dipotong terlebih dahulu sesuai dengan ukuran kertas HVS. Agar daya tahannya semakin bagus, maka dapat ditambahkan laminasi ketika proses finishingnya.

3. Kertas stiker HVS

HVS memiliki ukuran a4 sama seperti kertas HVS biasa, jenis kertas inipun mudah dicetak menggunakan printer Inject biasa. Namun kertas HVS memiliki kelemahan, yaitu daya tahan yang rendah bila terkena air, sehingga mudah mengelupas. Itulah sebabnya stiker HVS lebih cocok digunakan di dalam ruangan, atau sebagai souvenir di dalam rumah.

Jenis Kertas Stiker Motor

1. Oracal

Jenis ini memiliki ketahanan warna yang kuat, tidak memantulkan cahaya, serta memiliki karakteristik lentur yang membuat stiker Oracal mudah dipasang pada badan motor.

2. Ritrama

Selain memiliki banyak warna, harga stiker Ritrama juga cukup terjangkau, sehingga banyak orang yang menggunakannya. Namun stiker ini memiliki kelemahan pada warnanya yang mudah pudar, serta lebih tipis dari stiker Oracal. Sehingga stiker jenis ini cocok bagi kamu yang baru pertama kali ingin mengubah tampilan motor.

3. D-Cifix

Stiker jenis ini biasanya digunakan sebagai lapisan dasar body motor, namun kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat motif yang minimalis. Selain itu harganya juga sangat terjangkau.

4. Scotchlite

Stiker Scotchlite adalah stiker yang memiliki daya rekat yang tinggi, sehingga tidak mudah mengelupas. Karena itulah kamu harus sangat berhati-hati ketika akan menempelkan stiker ini pada body motor.

Stiker Scotchlite memiliki ciri agak tipis, serta dapat memantulkan cahaya, sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki tampilan motor yang berkilau.

5. Glitter

Stiker jenis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki tampilan motor yang elegan, karena warna yang ditampilkan dari stiker Glitter cukup bersinar. Selain itu harganya pun cukup terjangkau.

Dua jenis kertas yang tidak pernah sepi pembelinya adalah jenis kertas undangan dan kertas stiker. Keduanya selalu dibutuhkan dalam dunia usaha dan kegiatan sosial.

Demikian informasi tentang kertas stiker berkualitas yang sering digunakan saat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment