Mengatasi Nomor HP Tidak Bisa untuk Verifikasi Gmail

Ketatnya aturan google saat ini, membuat sebagian orang gagal membuat email dikarenakan tidak bisa verifikasi menggunakan nomor hp. Bukan nomor hpnya yang salah, tetapi memang ada beberapa penyebab dan adanya pembatasan jumlah nomor yang bisa digunakan untuk verifikasi.

Tidak hanya itu, nomer yang baru dibelipun terkadang tidak bisa digunakan untuk verifikasi. Padahal sudah teregistrasi dengan Nomor Induk KTP (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Penyebab Nomor HP Tidak Bisa untuk Verifikasi

Ada beberapa penyebab nomor hp kamu tidak bisa digunakan untuk verifikasi. Mungkin masalahmu ada di bawah ini :

  • Nomor baru beli (kartu perdana baru)
  • Nomor hp kamu pernah digunakan untuk mendaftar gmail
  • Nomor hp kamu dianggap spam
  • Nomor hp kamu belum teregistrasi dengan NIK dan KK
  • Nomor hp kamu tidak ada pulsanya

Solusi Agar Nomor HP Bisa digunakan untuk Verifikasi

1. Nomor Baru Beli

Jika kamu membeli salah satu nomor ini (Indosat, 3, AXIS, XL, Smartfren), segera registrasi menggunakan Nomor Induk KTP (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Setelah itu lakukan langkah berikut ini :

  • Setelah nomor aktif, Isi pulsa minimal 5.000,-
  • Kirim SMS ke orang lain
  • Coba Telp orang lain

Kirim SMS ke beberapa orang dan coba telp orang lain. Lakukan cara ini secara kosisten selama 2-3 hari. Setelah 3 hari, coba gunakan untuk verifikasi gmail.

Kenapa harus Isi Pulsa, SMS dan Tlp orang lain ???

Jadi gini.. cerita sedikit..

Saat ini banyak penjual jasa pembuatan akun gmail. Oknum ini membuat secara massal. Mereka menggunakan sembarang nomor untuk membuat email.

Nomor baru beli langsung mereka gunakan untuk membuat ratusan bahkan ribuan email. Kemudian email-email ini mereka jual dan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik, seperti spam, membuat akun medsos, subscribe chaneel dan lain-lain.

Hal tersebut sepertinya sudah dideteksi oleh Tim Goolge.

Akibatnya, Hampir semua nomor operator yang baru dibeli tidak bisa LANGSUNG digunakan untuk verifikasi gmail.

Solusinya ??

Seperti penjelasan saya di atas, Isi pulsa, coba lakukan aktivitas pada nomor hp kamu seperti kirim SMS, dan Telp orang lain selama beberapa hari (2-3 hari).

Tujuan Isi Pulsa, SMS dan Telp ini supaya nomor kamu tidak dianggap calon spammer. Nomor yang baru beli tetapi tidak ada aktivitas, tiba-tiba langusung daftar email, kemungkinan besar akan dideteksi sebagai SPAM, akhirnya ya tidak bisa verifikasi email.

2. Nomor Lama

Untuk nomor lama (sudah teregistrasi NIK dan KK) tetapi kok tidak bisa untuk verifikasi, kemungkinan ada 2 penyebab.

  • Nomor sudah pernah digunakan untuk verifikasi gmail lebih dari 5 kali.
  • Nomor dianggap spam oleh google

Jika nomor pernah digunakan untuk verifikasi sampai 5 kali, solusinya. Hapus nomor hp yang ada di akun-akun yang pernah terdaftar.

Untuk nomor yang dianggap spam oleh google. Fiks.. nomor hp kamu sudah tidak bisa tertolong. Artinya perlu ganti dengan nomor baru.

3. Beli Kartu Perdana Simpati

Kalau ini sebenarnya bukan solusi, tapi Tips. Coba beli kartu perdana simpati, registrasi dengan NIK dan KK. Setelah aktif, coba gunakan untuk daftar email dan verifikasi saat itu juga. Saya berhasil verifikasi dengan nomor simpati meskipun nomor baru dan belum isi pulsa.

Kenapa nomor simpati berbeda dengan nomor yang lain ???

Jawaban pastinya saya tidak tahu.

Tetapi menurut analisa saya, Kartu perdana simpati itu lumayan mahal dibandingkan dengan nomor kartu perdana yang lain. Para spamer tidak mampu membli banyak kartu Simpati untuk melakukan pembuatan email secara massal.

Hal ini mungkin yang menjadi pertimbangan google, google masih memberikan kepercayaan ke operator nomor simpati daripada nomor yang lain.

Demikian informasi tentang cara mengatasi nomor hp yang tidak bisa digunakan untuk verifikasi gmail. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Comment