Perbedaan Intel dan AMD Pada Laptop

Sejauh ini terdapat dua macam brand processor yang terkenal dan banyak digunakan, yakni Intel dan AMD. Tetapi, tahukah kamu apa perbedaan Intel dan Amd pada laptop?

Salah satu gadget yang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan seseorang saat ini adalah laptop. Saat membeli laptop kamu harus cermat dalam memilihnya berdasarkan spesifikasi, termasuk mengenai processor yang tertanam di dalamnya.

Intel VS AMD

Intel adalah salah satu processor pada laptop yang dikembangkan oleh perusahaan Intel Corporation yang berdiri sejak 1968.

Dibandingkan AMD, Intel memang diproduksi lebih dulu. Setelah 20 tahun kemudian, barulah AMD mulai menciptakan processor pertamanya yakni Am386.

Tahukah kamu, ternyata processor Am386 adalah sebuah tiruan dari produk Intel386 yang dibuat perusahaan Intel di tahun 1986.

Perbedaan Intel dan AMD

Antara Intel dan AMD tentu memiliki perbedaannya masing masing. Meskipun demikian baik Intel maupun AMD juga memiliki keunggulannya sendiri.

perbedaan intel dan amd pada komputer

Sehingga saat kamu membeli laptop, memilih yang menggunakan processor Intel maupun AMD tak ada salahnya, karena semua bergantung pada kebutuhanmu saat menggunakan laptop.

Berikut ini saya akan uraikan beberapa perbedaan dari processor Intel dan AMD, baik itu dari kecepatan, tampilan, harga, dan lain sebagainya.

Sehingga, kamu bisa menentukan sendiri mana yang lebih baik untuk kamu pilih saat hendak membeli laptop.

Kecepatan Intel dan AMD

Menggunakan laptop yang lemot pasti menyebalkan. Apalagi saat kita dituntut cepat dalam mengerjakan sesuatu. Rasa rasanya ingin sekali membanting laptop tersebut.

Bukan perkara laptop yang murahan, ternyata processor juga memengaruhi kecepatan laptop tersebut, loh.

Jika kamu ingin memiliki laptop yang cepat saat membuka berbagai aplikasi tanpa harus menunggu lama, kamu bisa memilih Intel yang dinilai lebih cepat daripada AMD.

Hal ini dibuktikan dari tes benchmark yang memperlihatkan jika Intel lebih unggul soal kecepatan dibandingkan rivalnya yakni AMD.

Grafis Game Intel dan AMD

Apakah kamu termasuk PC gamers sejati? Hmm, sepertinya kamu bisa memilih laptop dengan processor AMD. Pasalnya AMD terbukti lebih kuat daripada Intel.

Karena kinerja AMD tetap bertahan di posisi yang sama meskipun suhu laptop meningkat.

Dengan demikian, kamu tidak akan terganggu saat memainkan game di laptop, karena processor menjadi hal penting supaya game dapat berjalan lancar.

Manajemen Suhu Intel dan AMD

Hal yang wajar saat menggunakan laptop seketika suhu di dalamnya naik. Dalam kasus ini dibutuhkan manajemen suhu yang baik pada processor.
Tetapi, antara Intel dan AMD processor manakah yang memiliki manajemen suhu yang baik?

Ternyata, soal manajemen suhu Intel menjadi juaranya, karena lebih baik daripada AMD.

Hal ini didasari teknologi baru yang membuat kinerja processor akan diturunkan saat suhu meningkat.

Penyesuaian otomatis ini membuat suhu laptop yang digunakan Intel jadi lebih tenang dan tak terlalu panas.

Multimedia Intel dan AMD

Mengenai multimedia antara Intel dan AMD, ternyata Intel lebih unggul karena gambar yang ditampilkan jauh lebih tajam.

Hal ini telah dibuktikan dalam dunia game sendiri. Jadi, para gamers yang hendak memilih laptop yang tajam gambarnya bisa memilih Intel.

Sensitivitas Virus

Jika di poin poin sebelumnya lebih banyak Intel yang menjuarai. Soal sensitivitas virus ternyata AMD lebih unggul dibandingkan Intel.

Beruntungnya kamu yang memiliki laptop dengan processor AMD, karena teknologi yang dimiliki AMD memungkinkan untuk dapat mendeteksi virus sebelum mengganggu laptop kamu.

Hal ini berbeda dengan yang dimiliki Intel dimana teknologi yang digunakan masih terbilang rendah sehingga belum bisa menangkal virus pada laptop.

Perbandingan Harga Intel dan AMD

Setelah membahas dari sisi yang telah disebutkan di atas. Mungkin kamu jadi penasaran antara Intel dan AMD manakah yang menawarkan harga lebih terjangkau?

Kabar baiknya, harga laptop dengan processor AMD terbilang lebih murah. Dan sebaliknya laptop dengan processor Intel lebih mahal sedikit dibanding AMD.

Meskipun demikian, baiknya kamu bijak dalam memilih processor laptop. Ingat, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Tingkatan Processor AMD dan Intel

Dua processor yang sama kuatnya ini memiliki produk CPU yang beragam. Wajar jika kamu bingung saat akan memilih processor yang sesuai. Keduanya juga memiliki urutan processor terbaik dari tahun ke tahun.

Urutan Processor AMD

perbedaan amd dan intel

1. AMD K5

AMD K5 merupakan versi awal processor AMD yang dibuat dan diluncurkan. Awal mulanya AMD membuat processor sebagai perangkat alternatif dari Intel.

Kemudian processor ini jadi proses pertama yang dapat bersinkronisasi pada arsitektur bertipe x86. Tetapi lantaran saat itu Intel lebih mendominasi, maka banyak motherboard yang belum dapat mendukung perangkat AMD K5 ini.

2. AMD K6

Ini merupakan generasi kedua dari processor AMD. Dimana AMD K6 telah mendukung semua motherboard yang mulanya hanya mendukung untuk processor dari Intel.

Saat diluncurkannya ADM K6 inilah persaingan antara AMD dan Intel mulai dirasakan. Saat itu pula AMD juga merilis AMD K6-2 dan AMD K6-III, yang memiliki perbedaan pada sisi kecepatan.

3. AMD Duron

Tahun 2000 adalah tahun dimana ADM Duron dikeluarkan dengan nama Spitifire Thunderbird dengan predikat processor paling tinggi.

Keunggulan AMD Duron adalah harganya yang sangat terjangkau dan kinerjanya yang cukup memuaskan. Namun tak lama AMD Duron tak lagi digunakan semenjak produksinya dihentikan.

4. AMD Athlon

AMD tak hanya berhenti merilis AMD Duron, karena sebagai penerus generasinya muncullah AMD Athlon yang merupakan jenis processor ADM micro dengan kualitas yang cukup tinggi.

Menjadi produk unggulan AMD, jenis processor satu ini mampu bersaing dengan processor Intel Pentium 3 yang mendominasi pasar.

Karena sukses merebut pasar Intel, AMD membuat versi athlon 64 yang kemudian disusul dengan diluncurkannya AMD Athlon 64 FX.

5. AMD Sempron

AMD Sempron ini memiliki level yang setara dengan processor Intel Celeron dimana memiliki dua jenis socket yang digunakan yakni socket dan socket 754.

Tetapi, AMD Sempron ini hanya bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi 32 bit saja.

6. AMD 64 V2 Dual Core

Tak mau kalah dengan pesaingnya yang mengeluarkan processor Intel core duo. AMD juga merilis processor serupa.

Processor ini dapat berjalan pada komputer dengan sistem operasi 64 bit. Jelas lebih unggul dari jenis processor di generasi sebelumnya yang hanya mampu berjalan pada komputer dengan sistem operasi 32 bit.

7. AMD Opteron

Ini merupakan generasi selanjutnya dari AMD yang mana lebih fokus pada komputer server dan workstation.

AMD generasi ini mempunyai dua cache yang beda yakni level 1 dan level 2. Bedanya pada dari besaran data yang digunakan.

8. AMD Cadiz

Dikeluarkan pada kisaran tahun 2008, AMD Cadiz mempunyai inti sebanyak 4 core. Dimana processor ini juga dirancang dengan Hypertransport 3, L2 cache dan DDR2/3.

9. AMD Orochi “Bulldozer”

Menyusul kemudian ada AMD Orochi “Bulldozer” yang merupakan generasi terbaru processor AMD untuk pasar desktop high end.

Urutan Processor Intel

perbedaan intel dan amd pada laptop

Sementara untuk urutan processor Intel dapat kita lihat dari daftar berikut ini :

Periode Tahun 1980-1990 :

  • Processor seri MCS4
  • Processor 8 bit i8008
  • Processor 8085
  • 8086-8088 Microprocessor
  • 286 Microprocessor
  • Intel386™ Microprocessor
  • Intel486™ DX CPU Microprocessor
  • Intel® Pentium® Processor
  • Intel® Pentium® Pro Processor
  • Intel® Pentium® II Processor
  • Intel® Pentium II Xeon® Processor
  • Intel® Celeron® Processor
  • Intel® Pentium® III Processor
  • Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Periode Tahun 2000-an :

  • Intel® Pentium® 4 Processor
  • Intel® Xeon® Processor
  • Intel® Itanium® Processor
  • Intel® Itanium® 2 Processor
  • Intel® Pentium® M Processor
  • Intel Pentium M 735/745/755 processors
  • Intel E7520/E7320 Chipsets
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
  • Intel Pentium D 820/830/840
  • Intel Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Quad Q6600

Periode Tahun 2010-Sekarang :

  • Intel® Core™ i5 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i5 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i7 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i7 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i3 processor
  • Intel® Core™ i5 processor
  • Intel® Core™ i7 processor
  • Intel® Core™ i7 processor Extreme Edition
  • Intel® Core™ M

Demikian perbedaan Intel dan AMD pada laptop, meskipun demikian keduanya juga memiliki keunggulan masing masing, sehingga untuk memilihnya kamu bisa mempertimbangkannya berdasarkan kebutuhan.

Leave a Comment