Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Sayangnya layanan Google Play telah berhenti adalah notifikasi yang muncul akibat adanya kesalahan sistem pada aplikasi android. Error semacam ini bisa terjadi di semua perangkat HP yang berbasis android.

Jika HP kamu mengalami notifikasi seperti ini, jangan buru – buru di bawa ke tempat servis. Coba dulu beberapa tips di bawah.

Penyebab Google Play Service Berhenti

Umumnya ada 5 penyebab kenapa Google Play Service terhenti, yang pertama masalah File Cache, yang kedua adanya bug pada aplikasi yang kamu instal, masalah memori dan kerusakan sistem android.

1. File Cache

Nama lain file cache adalah junk files atau file sampah. Setiap aplikasi yang diinstal dan kamu gunakan itu menghasilkan file sampah yang secara langsung tidak terlihat tetapi ada di dalam sistem. Nah.. Cache inilah yang sering menumpuk dan bisa menyebabkan layanan google play terhenti.

2. Bug Aplikasi

Bug aplikasi maksdunya ada kesalahan atau kerusakan pada aplikasi yang kamu gunakan (crash). Jadi bukan HP nya yang rusak ya.. tapi memang ada kerusakan pada aplikasi yang diinstal.

Makanya ada istilah “Update Aplikasi”.

Update aplikasi pada google play store itu untuk memperbaharui fitur dan kerusakan pada aplikasi lama, jika tidak di update, kemungkinan bisa terjadi hang atau error yang ujung-ujungnya layanan google play telah berhenti.

3. Memori RAM penuh

Setiap HP memiliki kapasitas memori internal yang tebatas. Banyaknya aplikasi yang terpasang membuat kapasitas RAM penuh yang mengakibatkan aplikasi bisa lag, macet, ngeblank, bahkan pesan error pada layanan google play.

4. Kerusakan pada Sistem Android

Kerusakan ini bukan pada aplikasinya, tetapi pada sistem operasi Android (OS). Jika ini yang rusak, solusinya harus flash ulang sistem.

Selain flash ulang sistem android, bisa juga dengan cara upgrade sistem operasi android yang terbaru melalui menu Pengaturan yang ada di HP.

5. Koneksi Internet Bermasalah

Terkadang, koneksi internet yang tidak stabil bisa menyebabkan HP menjadi lemot dan berujung pada layanan google play yang terhenti.

Cara mengatasi sayangnya layanan Google Play telah berhenti

Berikut ada beberapa cara, coba dari yang paling mudah dulu, jika tidak membuahkan hasil, lanjut ke cara berikutnya.

1. Restart HP

Yups… Cara pertama dan paling simple jika kamu mendapatkan notifikasi layanan google play berhenti, lakukan restart pada HP.

restart hp android

Kenapa harus di Restart atau dimatikan ?

Karena jika HP di Restart, sistem dan memori pada aplikasi akan di refresh, hal ini membuat sistem yang awalnya error akan kembali normal.

2. Clear Cache Google Play Services

Cara kedua ini adalah membersihkan file sampah yang menumpuk pada sistem Google Play servis. Berikut tutorial membersihkan file cache pada Google Play Service.

1. Buka menu Pengaturan pada HP

2. Masuk ke menu Aplikasi atau Manajer Aplikasi

3. Cari Google Play Services atau Layanan Google Play

4. Pilih Paksa Berhenti dulu

5. Pilih Penyimpanan

clear cache google services

4. Pilih Hapus Memori atau Hapus Cache

hapus cache google services

5. Terakhir, lakukan Restart HP

3. Clear Data Google Play Services

Jika dengan cara clear cache atau hapus file cache belum juga berhasil, coba Hapus data Google Play Services. Caranya sama seperti tahapan clear cache, hanya saja yang dibagian akhir pilih Hapus Data atau Clear Data.

  1. Buka Pengaturan pada HP
  2. Masuk ke menu Aplikasi
  3. Cari Google Play Services atau Layanan Google Play
  4. Pilih Paksa Berhenti
  5. Pilih Penyimpanan
  6. Pilih Hapus Data atau Clear Data
  7. Terakhir, lakukan restart HP
clear data google services

Perbedaan antara Clear Cache dan Clear Data yang sebaiknya kamu tau :

  • Clear Cache (Hapus Cache atau Hapus Memori) : menghapus junk files atau file sampah saja.
  • Clear Data (Hapus Data) : menghapus junk files atau file sampah sekaligus mengapus pengaturan pada Google Play Services (settingan kembali ke awal).

Clear Data atau hapus data pada opsi ini juga akan membersihkan ruang memori internal pada HP, Jadi bisa menghemat kapasitas internal HP kamu.

4. Clear Cache dan Clear Data Google Play

Google Play Store dan Goolge Play Services adalah dua aplikasi yang berbeda. Cara clear cache dan clear data pada Google Play sama seperti penjelasan di atas.

clear data google play

5. Reset Akun Google di HP

Reset akun google maksudnya, menghapus akun gmail (akun email) yang tertaut di HP android. Kemudian menghubungkannya kembali.

Syarat utama reset akun google, kamu harus tau Password emailnya (password untuk login). Jangan sampai setelah menghapus akun google di HP tapi lupa saat mau login lagi dengan email yang sama.

Kecuali jika kamu punya email lain atau buat baru.

  1. Buka Pengaturan pada HP
  2. Masuk ke menu Akun
  3. Pilih Google
  4. Pilih Email yang tertera
  5. Lihat kanan atas, pilih Laiinya
  6. Pilih Hapus Akun (jika banyak email, hapus semua)
hapus akun google di hp

Jika sudah terhapus, Restart HP.

Untuk menghubungkan akun google, Buka Pengaturan, Pilih Akun, Tambah Akun. Kemudian, masukan email dan password akun gmail yang tadi dihapus.

Atau bisa juga kamu buat email baru. Yang pasti setiap HP android membutuhkan minimal satu akun google (1 email = gmail).

6. Reset atau Factory Reset HP

Reset disini adalah mengembalikan semua pengaturan HP seperti pertama kali saat beli (pengaturan awal pabrik). Cara ini bisa menghapus semua aplikasi dan juga file yang ada di dalam HP.

1. Buka Pengaturan pada HP

2. Masuk ke menu Cadangkan dan reset

3. Pilih Reset data pabrik

reset data pabrik ok

4. Pilih Reset Perangkat

5. Masukan PIN atau POLA (jika hp dikunci)

6. Tunggu hingga proses reset selesai.

Jika sudah selesai, lakukan pengaturan awal seperti saat kamu pertama kali membeli hp baru. (akun, email, kata sandi, jam, pengaturan internet, dst)

Catatan :

  • Sebelum reset, backup dulu file yang menurut kamu penting seperti dokumen, gambar, video dll.
  • Simpan data – data kamu ke dalam memori eksternal dan lepas dari dalam HP.

7. Update Sistem Operasi (OS)

Hampir semua merk HP yang berbasis Android bisa melakukan update sistem Operasi melalui HP itu sendiri.

Pada tutorial kali ini, saya mencontohkan Update Perangkat Lunak (OS) dengan HP Samsung Galaxy J5 Prime. Tiap merk HP punya pengaturan yang berbeda-beda, tapi intinya tetap sama.

1. Buka Pengaturan pada HP

2. Pilih Tentang Perangkat

3. Pilih Unduh pembaharuan secara Manual

4. Pilih Download

update android

Setelah selesai Download, ikuti instruksi yang ditampilkan. Biasanya ada pilihan, mau instal sekarang atau nanti (tunda).

Kalau pilih sekarang, Sistem android di HP akan melakukan update secara otomatis. HP akan restart dan masuk ke mode recovery, kemudian akan tampil logo robot android yang sedang berproses.

Kamu tidak perlu melakukan apapun. Cukup tunggu saja prosesnya hingga selesai.

Lama nya proses update ini berbeda-beda tergantung spesifikasi HP dan besarnya file OS. Semakin besar file yang didownload, semakin lama prosesnya. Perkiraan bisa sampai 2 jam jika RAM HP kamu kecil dan file OS nya besar.

Catatan :

  • Buat jaga-jaga, backup data penting dan lepas memori card dari HP
  • Ukuran file download sistem android cukup besar, berkisar 1-2 Gb. (tiap merk beda)
  • Pastikan kamu cukup kouta sebelum download file pembaharuan (OS)
  • Rekomendasi download menggunakan jaringan WIFI
  • Saat proses download suhu HP kamu akan naik (panas)
  • Tidak semua merk HP tersedia update OS terbarunya
  • Pastikan baterai HP full saat melakukan update (biar gak mati ditengah jalan)
  • Bersabarlah saat proses update
  • Jangan buru-buru matikan HP jika proses update belum selesai

8. Flash Ulang

Flash ulang adalah alternatif dan solusi terakhir jika semua cara di atas tidak membuahkan hasil. Ada banyak tutorial cara flash ulang HP di google dan youtube, tapi saran saya, lebih baik bawa ke tempat servis untuk di flash ulang.

flash ulang android

Kenapa tidak saya sarankan Flash Ulang sendiri ??

Pertama – untuk melakukan flash HP diperlukan beberapa tools dan alat seperti Komputer, kabel USB, sofware flashing, firmware (perangkat lunak/sistem/program) dan tools pendukung lainnya.

Kedua – Diperlukan modal dan waktu yang cukup lama karena harus download firmware android yang kapasitasnya cukup besar. Sebagai contoh, Samsung Galaxy J5 Prime (SM-G570Y), Firmware nya berukuran 2 Gb lebih.

Ketiga – Resiko terburuknya jika salah melakukan flashing ulang, HP kamu akan rusak bahkan bisa ngeblank atau mati total.

Berapa biaya Flash HP ?

Biaya bervariasi disetiap daerah. Rata-rata berkisar antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 200.000,- tergantung merk dan jenis HP yang akan di flash.

So.. keputusan ada di tangan kamu.. jika cara-cara di atas belum berhasil, keluarkan sedikit biaya untuk perbaikan di tempat servis HP.

Demikian informasi tentang sayangnya layanan google play telah berhenti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.