Strategi Pemasaran Produk Terbaik saat ini

Strategi pemasaran adalah upaya dalam memasarkan suatu produk berupa barang ataupun jasa dengan menggunakan taktik dan pola rencana tertentu, agar jumlah penjualan menjadi lebih tinggi dengan profit yang maksimal.

Penjualan merupakan salah satu faktor penting bagi sebuah perusahaan agar tetap berdiri kokoh. Tinggi rendahnya penjualan produk sangat ditentukan oleh pemasaran yang dilakukan perusahaan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Secara umum strategi pemasaran memiliki 4 fungsi yaitu :

1. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Pemasaran akan membantu para pelaku bisnis dalam membuat detail tujuan yang akan diraih dan capai.

2. Meningkatkan Motivasi

Pemasaran berfungsi untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berfikir serta melihat masa depan dengan cara yang berbeda.

3. Koordinasi Pemasaran

Pemasaran berfungsi sebagai pengatur arah jalannya perusahaan agar dapat membentuk tim koordinasi yang lebih tepat sasaran dan efektif.

4. Pengawasan Kegiatan

Pemasaran akan membantu perusahaan dalam membuat standar prestasi kerja para karyawannya. Sehingga mutu dan kualitas kerja yang efektif dari para karyawan akan lebih mudah dipantau dan diawasi.

Tujuan Strategi Pemasaran

Ada 4 tujuan strategi pemasaran secara umum, diantaranya adalah :

  1. Membantu meningkatkan kualitas koordinasi di dalam tim pemasaran.
  2. Sebagai dasar yang logis dalam pengambilan keputusan terkait pemasaran produk.
  3. Berfungsi sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan acuan standar prestasi yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  4. Membantu meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Konsep Pemasaran Produk

Ada 2 jenis konsep pemasaran produk yang banyak digunakan perusahaan. Pemasaran secara offline dan online, berikut penjelasannya:

1. Strategi Pemasaran Offline

Adalah strategi promosi dengan cara-cara manual menggunakan media cetak dan partisipasi aktif sosial kemasyarakatan.

Contoh pemasaran offline :

  • Membagikan kartu nama, brosur, dan flyer
  • Pasang poster dan banner
  • Mensponsori acara komunitas
  • Memberikan hadiah atau sumbangan
  • Berpartisipasi dalam pameran
  • Menjadi pembicara di acara tertentu

2. Strategi Pemasaran Online

Adalah strategi marketing yang dilakukan dengan cara menggunakan media digital atau media online.

Contoh pemasaran online :

  • Daftarkan usaha ke Google Bisnisku
  • Buat media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube
  • Menggunakan Email Marketing
  • Buat blog atau website usaha
  • Iklankan usaha dengan media facebook, Instagram dan Google Ads

Strategi Pemasaran Online

Kita hidup di era digital, dimana strategi pemasaran akan lebih efektif dan efisien apabila dilakukan secara online. Kamu bisa menggunakan media sosial hingga memanfaatkan blog atau website.

Bisnis skala kecil maupun perusahaan besar harus menguasai strategi marketing online. Mengapa ? Karena hampir dari setengah penduduk Indonesia dapat dijangkau melalui internet.

Banyak media internet yang dapat digunakan untuk menjangkau para konsumen di seluruh Indonesia, seperti Facebook, Google, Whatsapp, Twitter, Instagram, serta berbagai platform online lainnya.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis kamu harus menerapkan pemasaran online :

1. Jangkauan Luas

Jumlah penduduk yang menggunakan akses internet selalu meningkat setiap tahun. Ditahun 2019 hampir 171 juta orang yang menggunakan akses internet, baik pengguna facebook maupun instagram.

2. Mudah dan Efisien

Bagi sebagian orang strategi marketing online mungkin masih terdengar agak asing. Strategi ini lebih mudah dan lebih efisien. Banyak tersedia tutorial serta forum diskusi yang membahas tentang pemasaran online.

3. Biaya Minim

Biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran online relatif lebih kecil dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional.

4. Target Spesifik

Apakah bisnis yang sedang kamu jalankan membutuhkan jangkauan luas di seluruh Indonesia ?

Dengan strategi pemasaran online kamu dapat menjangkau di provinsi atau di kota tertentu tanpa mengeluarkan banyak biaya tambahan.

Melalui pemasaran online kamu dapat mengatur iklan untuk tampil di perangkat tertentu seperti iklan hanya tampil di smartphone atau dekstop saja.

Selain mengatur perangkat dan lokasi jangkauan, kamu juga dapat mengatur iklan untuk tampil di hari apa saja, mulai dari jam berapa hingga jam berapa.

Selain itu kamu juga dapat mengatur spesifikasi target audiens sesuai dengan kebutuhan perusahaan, misalnya perusahaan yang kamu kelola memproduksi sepatu perempuan. Maka kamu dapat mengatur iklan agar tampil pada target audiens perempuan di usia tertentu.

5. Mudah Terukur

Kelebihan strategi promosi online yang lain adalah mudah untuk diukur. Kenapa bisa begitu ? Karena ketika menggunakan platform Facebook Ads, Instagram Ads, maupun Google Ads, kamu akan mendapatkan laporan lengkap seperti :

  • Performa iklan yang dipasang
  • Seberapa efektif iklan yang dijalankan
  • Jumlah orang yang berhasil dijangkau

Dengan data itu kamu dapat mengevaluasi pemasaran online serta memperbaikinya jika ada yang salah.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Sebelum menerapkan strategi marketing atau strategi promosi, kamu harus menentukan tujuan dan menyusun anggaran promosi.

Banyak orang yang salah dalam strategi promosi, mereka menganggap posting di media sosial saja sudah cukup tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari konsep pemasaran ini, kamu harus bersedia mengeluarkan biaya untuk iklan di Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, maupun platform iklan lainnya.

Berikut beberapa strategi pemasaran baik online ataupun offline yang bisa kamu coba :

1. Daftar Google Bisnisku

Strategi Pemasaran dengan google bisnisku

Bagi para pemilik bisnis, fitur Google Bisnisku sangat berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap sebuah perusahaan.

Dari mulai nama bisnis, lokasi, alamat email perusahaan, nomor telepon, website perusahaan, jam operasional, foto kantor, serta review pelanggan.

Apabila kamu mendaftarkan usaha di Google Bisnisku, kantor atau tempat usaha kamu akan otomatis muncul di Google Maps. Hal ini akan mempermudah pelanggan menuju lokasi usahamu dengan bantuan Google Maps.

Contoh pada gambar di atas adalah usaha jasa travel umroh Uhud Tour. Jika kamu ketika “Uhud Tour” di google, maka di sebelah kanan atas hasil pencarian akan muncul review seperti gambar tersebut lengkap dengan penjelasannya.

2. Buat Akun Media Sosial

Strategi Pemasaran dengan sosial media

Banyak media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk strategi pemasaran, seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.

Contoh di atas adalah halaman resmi fanspage jasa umroh uhud tour. melalui fanspage seperti ini, kamu bisa memposting berbagai macam aktivitas terkait dengan usaha yang sedang kamu jalankan.

  • Facebook (fanspage) untuk posting informasi
  • Youtube untuk mengupload video kegiatan usahamu
  • Instagram untuk upload foto gallery dan video pendek

3. Buat Konten Marketing (Blog atau Website)

Strategi Pemasaran dengan konten marketing

Konten marketing adalah strategi promosi dimana kita merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik pembaca agar menjadi pelanggan.

Blog adalah salah satu media yang digunakan untuk menjalankan kontent marketing. Karena dengan blog kamu akan mendapatkan trafik tinggi melalui pencarian organik.

Dengan memanfaatkan blog perusahaan, kamu dapat menunjukkan kepada calon pelanggan yang potensial bahwa produk kamu benar-benar bermanfaat dan berkualitas.

Contoh di atas adalah blog milik niagahoster, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan domain dan hosting.

Melalui blognya itu, niagahoster membuat konten (artikel) yang berkaitan dengan tips dan tutorial dalam dunia blog atau website.

4. Gunakan Email Marketing

Strategi Pemasaran dengan email marketing

Banyak pelaku bisnis yang beranggapan bahwa Email Marketing adalah spam yang hanya berpotensi mengganggu konsumen. Namun kenyataanya penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

McKinsey and Company melakukan sebuah study yang menunjukkan bahwa Email Marketing 40 kali lebih efektif dalam memperoleh konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook.

Perusahaan mampu menjangkau konsumen hingga ke area personal mereka, yaitu kotak masuk email sehingga efektivitasnya tinggi.

Bahkan jika ada penawaran yang diberikan, hampir 59 persen konsumen bersedia untuk berlangganan email marketing atau newsletter.

Penawaran yang diberikan dapat berupa kupon ataupun diskon spesial.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan sebanyak 65 persen konsumen memperoleh kupon diskon dari email marketing, sehingga jelas bahwa email marketing mampu mendorong para konsumen untuk berbelanja langsung ke toko ataupun berbelanja online.

Contoh awal penerapan strategi pemasaran menggunakan email adalah mengumpulkan daftar email.

Blog di atas milik mas Dermawan, dimana setiap pengunjung yang datang disarankan untuk mengisi email.

Jika daftar email pengunjung sudah banyak, kamu bisa melakukan email marketing dengan cara menawarkan produk yang disertai diskon.

Cukup sekali kirim, maka semua daftar email akan mendapatkan pesan penawaran produk.

5. Lakukan Optimasi SEO

Search Engine Optimization

Agar usahamu mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google, maka website atau blog harus berada di halaman pertama hasil pencarian.

Dan untuk mendapatkan peringkat pertama, kamu harus bersaing dengan puluhan bahkan ratusan website lainnya.

Lalu bagaimanakah agar website kamu dapat muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google ? Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah upaya memaksimalkan sebuah blog atau website agar bisa masuk di halaman pertama google melalui kata kunci yang ditarget.

SEO sendiri terbagi menjadi 2, yaitu SEO off page dan SEO on page. SEO off page merupakan optimasi yang diterapkan di balik layar website, seperti backlink. Sedangkan SEO on page merupakan optimasi yang diterapkan pada konten yang diterbitkan.

Contoh gambar di atas adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci “CCTV Lampung”. Hasilnya, ada 2 web tampil di halaman teratas.

2 web itu dioptimasi menggunakan SEO sehingga bisa muncul di google pada posisi rangking 1 dan rangking 3.

6. Bagikan Konten yang bermanfaat

Fanspage facebook

Ketika kamu membagikan konten blog, maka konten tersebut haruslah bermanfaat dan tentunya relevan dengan produk yang kamu promosikan.

Yang dimaksud konten dalam hal ini bisa berupa gambar, video, animasi ataupun tulisan.

Misalkan kamu mengelola bisnis travel, maka konten yang dibuat juga harus berkaitan dengan travel atau sejenisnya. Kemudian bagikan melalui beberapa media sosial seperti :

  • Facebook (fanspage)
  • Instagram
  • Youtube

7. Gunakan Iklan Media Sosial

iklan facebook

Untuk meningkatkan jangkauan postingan media sosial, kamu dapat memanfaatkan layanan ads (iklan) masing-masing platform media sosial.

Jangkauan target pelanggan tidak hanya diperoleh melalui mesin pencari saja tetapi bisa juga melalui periklanan seperti facebook dan instagram ads.

Contoh gambar di atas menerapkan strategi pemasaran online menggunakan iklan facebook (iklan berbayar).

Jadi, kamu bayar facebook untuk mempromosikan produk. Iklan Produkmu akan tampil di halaman beranda facebook saat diScrol.

8. Gunakan Paid Search

iklan google ads

Sejak mesin pencari online ditemukan, apapun dapat kamu temukan di dunia maya, mulai dari alat rumah tangga hingga jurnal ilmiah.

Kehadiran Google sebagai mesin pencari mampu merubah perilaku para konsumen. Dimana saat ini konsumen akan mencari produk terlebih dahulu di Google sebelum membelinya.

Paid search sebenarnya dapat ditemukan di semua mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Namun, platform terbesar untuk paid search adalah Google.

Layanan paid search yang disediakan oleh Google adalah Google AdWords, atau saat ini yang dikenal dengan Google Ads. Google Ads dapat membantu kamu mengatur jangkauan serta spesifikasi audiens yang ditargetkan.

9. Gunakan Kupon atau Diskon

kupon

Bagi konsumen, situs kupon berguna untuk mencari kupon diskon, sedangkan untuk para pemilik bisnis atau perusahaan situs kupon berguna untuk mempromosikan bisnisnya.

Beberapa situs kupon yang terpercaya adalah iPrice dan Picodi. Tujuan menempatkan kupon diskon di situs tersebut adalah untuk meningkatkan brand awarenes, bukan untuk penjualan.

Jika diskon yang tawarkan menarik, banyak orang yang akan menggunakan kupon untuk membeli produk yang sedang kamu pasarkan.

10. Bangun Komunitas

komunitas bisnis

Apabila strategi pemasaran dengan menggunakan platform di atas telah kamu kuasai, langkah selanjutnya adalah membangun relasi dengan orang-orang yang sejalan dengan bisnismu.

Kamu dapat bergabung dengan grup facebook yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu jalani. Hal ini berguna untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan bisnis yang mungkin kamu tidak tau.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi sponsor atau pembicara di seminar terkait dengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

11. Maksimalkan Media Cetak

brosur

Meskipun sebagian besar pelaku bisnis telah menggunakan strategi marketing online, namun promosi offline masih banyak digunakan di era digital seperti sekarang ini.

Alat promosi cetak seperti banner, brosur, kartu nama, dan flyer masih efektif digunakan untuk membantu meningkatkan brand awareness serta meningkatkan reputasi perusahaan.

Dengan menggunakan alat promosi cetak akan membuat bisnis yang kamu geluti lebih terpercaya, karena tidak semua orang dapat menggunakan akses internet.

Demikian informasi tentang strategi pemasaran produk, semoga bermanfaat.

Leave a Comment